SUMBER SANSEKERTA TEKS SIWARATRIKALPA

  • I Nyoman Raka STAHN Mpu Kuturan Singara
Keywords: Sanskreta, pertobatan, kebenaran

Abstract

Teks Siwaratrikalpa seringkali dijadikan bahan diskusi, rujukan pelaksanaan brata siwaratri terutama oleh masyarakat Hindu di Bali maupun di Lombok. Diskusi tentang siwaratrikalpa seringkali menyisakan berbagai pertanyaan di seputar implikasi pelaksanaan brata siwaratri. Sejumlah pertanyaan  yang dimaksud antara lain: apakah dosa bisa ditebus? Apakah tokoh Lubdaka itu papa atau dosa? Apakah Mpu Tan Akung pengarang cerita Lubdaka untuk tujuan mengambil hati Ken Arok?, Apakah cerita Lubdhaka ciptaan Mpu Tanakung?; Apa fungsi cerita Lubdhaka dalam konteks hari suci Śiwaratri?; Bagaimanakah pelaksanaan brata Šiwaratri sesuai dengan tuntunan kitab suci. Sederet pertanyaan ini adalah pertanda pentingnya penelitian tentang teks Siwaratri.

Guna menerangjalaskan jawaban pertanyaan di di atas, akan diteliti sejumlah sumber Sanskerta, maupun kawi terkait dengan teks Siwaratrikalpa. Penelitian ini memakai pendekatan studi teks, baik teks Purana, maupun teks berbahasa Kawi. Dua sumber ini diharapkan dapat menerangjelaskan pertanyaan di atas.

Penelusuran sejumlah sumber Sanskreta menemukan, empat purana terkait dengan teks Siwaratrikalpa. Empat purana yang dimaksud adalah: Padma Purāņa, Šiwa Purāna, Skanda Purāna dan Garuda Purāna. Esensi empat purana ini menjelaskan kekejaman, kekilapan, seorang penjahat yang berujung pertobatan, dapat mengantarkan pencapaian kebenaran. Kesadaran dan pertobatan dapat mengembalikan manusia pada jalan kebenaran mencapai alam Siwa, adalah esensi ajaran brata Siwaratri.

References

Mangunwijaya, YB, 1995. Sastra dan Religiusitas, Jakarta: Gramedia.
Poerbatjaraka, Prof. Dr. R. Ng. 1952. Kapustakan Djawa. 1952. Jumantara Vol. 2 No.1 Tahun 1952 Djambatan
Teeuw, A. dan Th.P. Galestin, S.O. Robson, P.J. Worsley, P.J. Zoetmulder 1969, Siwaratrikalpa of mpu Tanakung. The Hague: Martinus Nijhoff
Zoetmulder, P.J. (1962). Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan
Published
2020-06-30