AKTIVITAS BELAJAR ANAK SELAMA MASA BELAJAR DARI RUMAH DI DESA MEKO
Abstrak
Ketersediaan akses internet oleh anak-anak tingkat Sekolah Menengah Pertama di Desa Meko selama ini dimanfaatkan untuk mengakses youTube, Facebook, WhatsApp, Massenger, Twitter, Line dan hanya beberapa yang memanfaatkan untuk menambah referensi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Kepemilikan gawai (gadget) dan Personal Computer (PC) yang terbatas pada anak-anak dari keluarga yang mapan secara ekonomi serta jaringan internet yang ada belum digunakan untuk melakukan pembelajaran Daring dengan mengakses website yang disiapkan oleh kemendikbud. Pembelajaran dilakukan secara offline dengan memberikan penugasan yang dapat memberi pengalaman belajar yang bermakna melalui aktivitas-aktivitas belajar yang dilakukan anak-anak selama Belajar Dari Rumah. Aktivitas yang dilakukan anak tingkat Sekolah Menengah Pertama selama masa Belajar Dari Rumah di Desa Meko yaitu membaca buku agama, melakukan diskusi secara online, membuat ringkasan dan mencari materi secara online.
Downloads
References
Astama, Kadir, S., & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar (Tinjauan Pendidikan Islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains, 1.
Hafid, H. ab. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id
Haryanto. (2008). Teori Yang Melandasi Pembelajaran Konstruktivistik. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 1–14.
Kajeng, I. N. D. (2010). Sarasamuccaya. Paramita.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2020). https://kbbi.web.id/
Kamus KBBI. (2020). https://jagokata.com/
Mertayasa, I. K. (2019). Hoax Dalam Perspektif Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(1), 101–120.
Mertayasa, I. K. (2020). Penggunaan Sawen Pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa Meko. Dharma Duta : Jurnal Penerangan Agama Hindu.
Mertayasa, I. K., & Suardika, I. K. (2019). Penerapan Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Kelas V di SDN Dampelas. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(1), 25–40.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Jurnal, 2(1), 165–170.
Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
SE. Kemendikbud No. 15, (2020).
Suharto, G. (2020). New Normal Metode Belajar Modern Berbasis Digital (Acer Webinar). https://drive.google.com/drive/folders/1VsjxJ-fvDzC19LstdIUfP4rMygC-OYE_
Sumarni, Harun, A. H., & Imran. (2014). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 13–22.
Suratinah. (n.d.). Summarizing the Readings. In Modul 1.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.