MODERASI BERAGAMA DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI KECAMATAN KAHAYAN TENGAH KABUPATEN PULANG PISAU (PERSPEKTIF PENDIDIKAN HINDU)
Abstract
Penelitian ini dengan tema moderasi beragama dalam masyarakat multikultural di Kecamatan
Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau (perspektif pendidikan Hindu). Tujuan yang dicitacitakan bersama masyarakat Indonesia yang multikultural adalah kehidupan rukun aman,
damai, tentram, sejahtera dan harmonis. Seperti itulah yang diharapkan di Kecamatan Kahayan
Tengah di dalam kehidupan masyarakat yang beragam, namun masih terjadi kesenjangan
antara fenomena tindak kekerasan yang dilakukan secara non fisik dalam bentuk ajakan pindah
keyakinan, perbuatan yang tidak sejalan dengan moderasi beragama dalam masyarakat multikultural sehingga hal tersebut perlu dikaji secara mendalam bagaimana moderasi
beragama di Kecamatan Kahayan Tengah hal ini peneliti lakukan untuk menghindari
perbedaan pendapat atau paham yang berbeda terhadap ajaran dan tradisi keagamaan yang
beragam di Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau supaya terjadi keharmonisan
di dalam kehidupan yang multikultur. Fokus masalah peneltian ini yaitu; 1)Bagaimanakah
penerapan moderasi beragama pada Masyarakat Multikultural di Kecamatan Kahayan Tengah
perspektif pendidikan Hindu. Adapun teori yang digunakan menganalisis permasalahan
tersebut adalah Teori Sosial Multikultural, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan
dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara,
observasi, studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, penerapan moderasi beragama
pada masyarakat multikultural di Kecamatan Kahayan Tengah perspektif pendidikan Hindu
ditemukan beberapa hal diantaranya toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan dan
penerimaan terhadap tradisi lokal yang berbeda.
References
kerukunan. Diunduh
Rabu, 13 September 2021.
Suasta, I Wayan. 2008. Pembelajaran Agama Hindu Berwawasan Multikultural Di Sekolah
Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Tesis Yang
Sudah di Publikasikan. IHDN, Denpasar.
Suasta, I Wayan. 2021. Etika Komunikasi Dalam Moderasi Beragama. Artikel disampaikan
pada Webinar Nasional Prodi Ilmu Komunikasi Hindu Fakultas Dharma Duta
dan Brahma Widya IAHN-TP Palangka Raya. Selasa, 18 Mei 2021
Isnaini, Abrohul, dkk. 2017. Moderasi Islam dalam Ruang Khutbah. Jakarta : Direktorat
Jendral Pendidikan Agama Islam Kementerian agama RI.
Biyanto. 2009. Pluralisme Keagamaan dalam Perdebatan. Pandangan Kaum Muda
Muhamadiyah. Malang : UMM Press.
Akhmadi, Agus. 2019. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious
Moderation In Indonesia’s Diversity” Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13, no. 2,
Pebruari- Maret 2019, 54.
Misrawi, Zuhairi. 2010. Moderasi, Keutamaan dan Kebangsaan. Jakarta : PT. Kompas Media
Nusantara.
Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Badung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1996. Metode Peneltian Kualtatif Naturalistik. Jakarta : Sinar Grafika.
Rohman, Habibur, 2021. Upaya Membentuk Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa di UPT
Ma’had Al-jami’ah UIN Raden Intan Lampung”. Skripsi. UIN Raden Intan,
Lampung.
Tambroni. 2012. Relasi Kemanusiaan Dalam Keberagamaan (Mengembangkan Etika Sosial
Melalui Pendidikan). Bandung : Karya Putra Darwati.
Tim penyusun Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, (1995) Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.