PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DENGAN MEDIA BHAGAVAD GĪTĀ KHUSUS GURU DI SDN KECAMATAN BASARANG

  • Ni Nyoman Triani Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
Keywords: Pendidikan Agama Hindu, Bhagavad Gītā, Media Pembelajaran, Guru, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kecamatan Basarang.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pembelajaran pendidikan agama Hindu dengan menggunakan
media Bhagavad Gītā, khususnya bagi guru di tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di
Kecamatan Basarang. adanya berbagai kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama
Hindu dalam menggunakan pustaka suci sebagai media pembelajaran, terutama dalam
pengajaran kepada peserta didik di kelas VI dalam materi ajar "Mengenal isi pokok dari kitab
Bhagavad Gītā sebagai tuntunan hidup" menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru
Pendidikan Agama Hindu dalam menggunakan media Bhagavad Gītā pada peserta didik di tiga
SDN Kecamatan Basarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori
Konstruktivisme yang diperkenalkan oleh Lev Vygotsky. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan

penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa untuk mengatasi kesulitan dalam
pembelajaran tersebut, guru-guru di Kecamatan Basarang melakukan berbagai upaya,
termasuk meningkatkan pengetahuan para guru tentang Bhagavad Gītā, mengembangkan dan
menyesuaikan materi ajar, serta memanfaatkan teknologi dan sumber daya tambahan.

 

References

Andi, I M B. 2018. Internalisasi Pendidikan Karakter Hindu Melalui Pembelajaran Bhagavad
Gita Digital di Pasraman Gopisvara Buleleng. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(2),
pp. 183-190.
Andriyani, M. 2021. Problematika Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Pada
Muatan Bahasa Indonesia Di Mi Nw Nurul Harmain Narmada Tahun Pelajaran Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Mataram: Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
Mataram .
Darsono, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Darta, I. N. 2020. Pendidikan Agama Hindu dalam Pembentukan Kepribadian Siswa. Jurnal
Pendidikan Hindu, Volume 7(2), September 2020.ISSN: 2355-5696 (cetak), ISSN:
2655-0156 (online).
Febriani, M. 2021. IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu
Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), pp. 61-66.
Jaya, I. K. M. A. 2022. Peran Guru Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD melalui Ajaran
Karma Yoga. Vidya Samhita : Jurnal Penelitian Agama, 8(2), p. 87 – 94.
Krishna, A. 2018. Bhagavad Gītā Transkreasi Baru untuk Zaman Baru. Jakarta: Pusat Studi
Veda & Dharma. Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan
Keagamaan. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/4777/pp-no-55-tahun-2007
Prathista, G. S. D. A. W. W. a. P. B. 2020. Implementasi Pembacaan Bhagawad Gita dalam
Meningkatkan Sradha dan Bhakti Terhadap Peserta Didik di Pasraman Indraprasta
Mutihan Surakarta. Jawa Dwipa , 1 (2), pp. 74-87.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Diakses dari https://www.regulasip.id/book/1393/read.
Published
2024-11-02
How to Cite
Triani, N. N. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DENGAN MEDIA BHAGAVAD GĪTĀ KHUSUS GURU DI SDN KECAMATAN BASARANG. HAPAKAT : Jurnal Hasil Penelitian, 3(1). https://doi.org/10.33363/hpkt.v3i1.1336
Section
Artikel