Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Nyambutin Umat Hindu Di Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas

  • I Wayan Suwirye Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang nilai pendidikan karakter dalam Nyambutin umat
Hindu di Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Nyambutin
merupakan yadnya suci untuk membersihkan/menghilangkan leteh, papa klesa, dan
memperkuat kedudukan atman si bayi. Pentingnya melihat nilai pendidikan karakter dalamNyambutin umat Hindu di Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas.
Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1.
Bagaimanakah Bentuk dan Fungsi pelaksanaan Nyambutin umat Hindu di Desa Basarang
Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas ? 2. Apa saja nilai Pendidikan karakter dalam
pelaksanaan Nyambutin di desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas?
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah, teori religi, teori Interkasionisme simbolik
dan teori nilai pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode
kualitatif, lokasi penelitian di Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang, jenis dan sumber
data; jenis data menggunakan data kualitatif, sumber data; sumber data primer dan sumber
data skunder, teknik penentuan informan dengan puporsive sampling, instrumen penlitian
peneliti sendiri, teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan studi dokumen; teknik
analisa data menggunakan data kualitatif dengan teknik analisa milles anda Huberman.
Berdasarkan hasil analisa data, hasil penelitian meliputi bentuk pelaksanaan
nyambutin dikaji dengan teori interaksionisme simbolik, meliputi; Sarana yang digunakan,
Banten Pengelepas Awon/Pebyakaonan, banten penyambutan, banten prayascita, banten
jejagan, banten kumare,banten tataban. Waktu pelaksanaan, pelaksanaan Nyambutin
dilaksanakan ketika hari purnama atau bulan purnama penuh, proses pelaksanaan Nyambutin
meliputi ; pembersihan/penglukatan, mebajang colong, mengelilingi lesung, mepetik,
sembahyang, mejaya-jaya. Fungsi Nyambuti meliputi ; fungsi religius, fungsi penyucian,
fungsi sosial, dan fungsi Estetika. Nilai pendidikan karakter dalam Nyambutin meliputi:
religius, kedisiplinan, integritas, empati.

References

Arwati, Ni Made. 2006. Upacara Notonin. Surabaya:Paramitha.
Agus, Bustanuddin. 2006. Agama dalam Kehidupam Manusia. Jakarta : PT Grafindo
Persada.
Aryadharma, Surpi Ni Kadek. 2011. Membedah Kasus Konversi. Surabaya : Paramita.
Anwar, dkk. 2013. Sosiologi Agama. Bandung : PT. Refika Aditama.
-------------------, 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Group.
Artadi, I. Ketut. 2004. Nilai Makna dan Martabat Kebudayaan. Denpasar : Sinay.
Arifin, Samsul, Bambang. 2015. Psikologi Agama. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Arwati, Sri, Ni, Made. 2006. Upacara Ngotonin. Paramita; Surabaya.
BP 7, Pusat. 1995. Undang-Undang Dasar Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila.
Jakarta : BP 7.
Basrowi dan Sadikin. 2002. Metode Penelitian Perspektif Mikro, Fenomenoloi,
Etnometodologi, Etnografi, Dramatugi, Hermeutik Konstruksi Sosial Analisis
Wacana dan Metodologi Refleksi. Surabaya : Insan Cendekia.
Bagong dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana Prenadamedia
Group.
Bekker, J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan. Sebuah pengantar. Yogyakarta : Kanisius.
Boland, B.J. Injil Lukas. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia.
Binsyah, Muhib. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Rosdakarya.
Bungin, Burhan.2006. Metodologi Penelitan Kualitatif. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif “Edisi Kedua”. Jakarta : Prenada Media Group.
Damsar, 2010. Pengatar sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencama Prenada Media Group.
Dantes, I.N.1999. Tteori-teori Belajar Instruksional dan Model-model Pembelajaran.
Singaraja: STKIP Negeri Singaraja.

Dhavony, Marisusai. 1995. Fenomenologi Agama. Yogyakarta : PT. Kanasius.

Eriyanto. 2002. Analisi Framing; Konstruksi, ideologi, dan Politik Media. Yogyakrta : Lkis.
Elmubarok, Zaim. 2013. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak,
Menyambung Yang Terputus, dan Menyatukan Yang Tercerai. CV. Alfabeta :
Bandung.
Feist, J. Gregory. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humanika.
Fitriyah, lailatul. Dkk. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
------------..2002. Psikologi Agama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
------------. 2012. Spektrum Teori Sosial ; Dari Kalsik Hingga Postmodern. Yogyakarta : ArRuzz
Media.

Gutherie,
Donald.
2013. Teologi
Perjanjian
Baru.
Jakarta
: PT.
BPK
Gunung
Mulia.

Hasbullah.
2007.
Otonomi
Pendidikan,
Kebijakan
otonomi
daerah
dan
implikasinya
terhadap

penyelenggaraan
pendidikan.
Jakarta
: PT.
Raja
Grafindo
Persada.

Hartono,
dkk. 2011. Ilmu
Sosial
Dasar,
Jakarta
: PT.
Bumi
Aksara.

Hartomo.
H. Dkk.
2011. Ilmu
sosial
dasar.
PT.
Bumi
Aksara
: Jakarta.

Haryanto,

Sindung. 2015. Sosiologi Agama dari Yang Klasik Hingga Postmodern.
Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Jalaluddin, 2008. Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan Dengan
Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Jalaludin, H. 2012. Psikologi Agama. Edisi Revesi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
J.W.M. Bakker, S.J. 1984. Philosophical Aspects of culture, New Yok : New School. Koentjaraningrat, 1993. Ritus Peralihan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Koentjaraningrat, 2004. Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat, 2005. Pengantar Antropologi Pokok-Pokok Etnografi.
Kamil, Mustofa. H. 2011. Pendidikan Non Formal. Bandung : Alfabeta.
Kolip, Usman dan Setiadi, M Elly. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta : Fajar Interpratama
Offset.
Koentjaraningrat, 2004. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta : Djambatan.
Kaelan, 2005. Metode Penelitian Bidang Filsafat. Yogyakarta : Paradigma.
Marotono, Manang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada :
Jakarta.
Moleong, Lexy. J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revesi. Bandung : PT.
Remaja Rosadakarya.
Morales, Dkk. 2006. Semua Agama Tidak Sama. Jakarta : PT. Percetakan Penebar Swadaya.
Maarif, syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Graha Ilmu : Yogyakarta.
Maswinara, I Wayan. 2004. Rg Veda Samhita (sakala Sakha). Paramita: Surabya.

Maswinara, I Wayan. 2008. Srimad Bhagawad Gita Dalam Bahasa Sanskerta dan Bahasa
Indonesia, Inggris. Paramita: Surabya
Nasution, S. 2004. Metode Reseach Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kwalitatif. Bandung : Tarsito.
Nurdin, Ahmad Ali. 2019. Sosioligi Agama. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Parbasanan, I Nyoman. 2009. Panca Srada. Denpasar : Widya Dharma.
Poloma, M. Margaret. 2004. Sosiologi Kontemporer. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Pudja. G. 2002. Manawa Dharmacastra (Manu Dharmacastra). PT. Pelita Nusantara Lestari
: Jakarta.
Prawira, Purwa. Atmaja. 2013. Pskiologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta :
AR-Ruzz Media.
Radhakrihnan, S. 2003. Religion And Soceity. Terjemahan Team Peterjemah Program
Magister Ilmu Agama dan Kebudayaan Unhi. Denpasar : PT. Mahabakti.
Robbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.
Ranjabar, Jacobus. 2015. Perubahan Sosial: Teori-Teori dan Proses Perubahan Sosial Serta
Teori Pembangunan. Bandung : CV. Alfabeta.
Syani, Abdul. 2012. Sosiologi, Skema, Teori, dan Terapan. Jakarta : PT. Bumi Angkasa
Salahudin, Anas. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Schnebel, Eckhard. J. 2008. Rasul Paulus Sang Misionaris. Yogyakarta : Andi.
Setiadi, dkk. 2006. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Suputra, I.N.K. Tuntunan Muspa dan Doa Sehari-Hari. CV. Kayu Mas Agung:Denpasar.
Suda, I. Ketut. 2008. Anak Dalam Pergulatan Industri Kecil dan Rumah Tangga di Bali.
Yogyakarta : Aksara Indonesia.
Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanasius.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantati dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprayoga, Iman, Tobroni. 2004. Metode Reseach (Penelitian Ilmiah) Edisi 1 Cetakan 7.
Jakarta : Bumi Aksara.
Suprayoga, Iman, Tobroni. 2004. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung :
Rosadakarya.
Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : PT. Rineka
Cipta.
Suprijanto, 2009. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Grafika Offset.
Surayin, Ida Ayu.2022. Manusa Yajna. Surabaya : Paramita. Suwarno, 1994. Perubahan Sosial dan Pembangunan. Jakarta: PT. Pustaka LP3E
Tantra, Dewa Komang. 2003. “Penelitian Kualitatif”. Makalah dalam Penataran Metode
Penelitian Bagi Dosen di Lingkungan Universitas Flores (YAPERTTH) di NTT.
Tim Penyusun. 2005. Pedoman Pembinaan Kelembagaan Hindu. Surabaya : Paramita.
Titib, I Made dkk. Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budhi Pekerti. Paramita: Surabaya.
Triguna. Ida Bagus, Gede Yudha. 2000. Teori-Teori Sosiologi Dalam Kerangka Paradigma.
Denpasar ; Institut Hindu Dharma Denpasar.
Usman, Husaini. 2006. Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aaksara.
Utama, Budi. Wayan. 2013. Agama Dalam Praksis Budaya. Denpasar : Program Pascasarjana
UNHI.
Wiana, I Ketut. Makna Upacara Yadnya Dalam Agama Hindu. Surabaya:Paramitha
Diterbitkan
2024-11-02
How to Cite
Suwirye, I. W. (2024). Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Nyambutin Umat Hindu Di Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang Kabupaten Kapuas. Hapakat : Jurnal Hasil Penelitian, 3(1). https://doi.org/10.33363/hpkt.v3i1.1337
Bagian
Artikel