Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli Provinsi Bali

  • Ni Komang Sutrianti Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Abstract

Setiap organisasi memiliki aktivitas-aktivitas pekerjaan tertentu dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan, peran manajemen sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pendidikan.Bahkan manajemen memiliki kedudukan dan posisi yang sangat sentral dalam keseluruhan proses pendidikan serta  merupakan syarat mutlak dan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan itu sendiri, karena manajemen sangat penting, maka menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan, Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Hindu yang didalamnya mengelola jalur pendidikan formal dan nonformal Hindu dalam wadah pasraman tentu membutuhkan pedoman dalam pengelolaan pendidikan tersebut baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan maupun pengawasannya. Yayasan Pasraman Gurukula Bangli merupakan yayasan yang mengelola lembaga pendidikan keagamaan bernuansa Hindu yang saat ini dalam proses perubahan status menjadi yayasan pendidikan keagamaan Hindu. Disamping itu juga yayasan tersebut satu-satunya  yayasan yang ada di Bali dan bahkan di Indonesia yang mengelola dua jalur pendidikan bernuansa Hindu yaitu pendidikan formal yang terdiri dari SMP dan SMA Gurukula Bangli dan pendidikan nonformal berupa Pasraman Gurukula Bangli serta siswa Gurukula berasal dari anak-anak yang kurang mampu dari seluruh Indonesia yang beragama Hindu. Penyelenggaraan pendidikan tentu mengalami kendala-kendala baik itu kendala internal maupun kendala eksternal. Bertitik tolak dari fenomena  tersebut di atas peneliti tertarik mengkaji lebih jauh mengenai Manajemen Pendidikan Keagamaan Hindu dengan judul “Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli Provinsi Bali”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rahmat, P. S. (2017). Psikologi Pendidikan. Kuningan: Bumi Aksara.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajindo Persada.
Sobri. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta, Indonesia: Multi Pressindo.
Suda, I. K. (2017). Pasraman Sebagai Energi Pendidikan Agama Dan Seni Hindu Dalam Dominasi Dan Hegemoni Pendidikan Modern. Soshum : Jurnal Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.31940/soshum.v7i3.714
Sukardjo. (2013). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutirna. (2015). Landasan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sutriyanti, N. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Melalui Peran Orang Tua Dalam Keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.57
Sutriyanti, N. K. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Tingkat Sekolah Dasar Di Kota Denpasar. Vidya Samhita.
Published
2019-12-05
How to Cite
Sutrianti, N. K. (2019). Pengelolaan Pendidikan Keagamaan Hindu di Yayasan Pasraman Gurukula Bangli Provinsi Bali. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(2), 41-53. https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i2.351