Komunikasi Massa Dalam Pariwisata Religi Hindu

  • Ni Nyoman Ayu Wilantari Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

Abstract

Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian informasi dari pemberi berita atau komunikator yang sarat akan lambang-lambang agar si penerima pesan atau komunikan bisa memahami maksud dan tujuan dari berita yang disampaikan tersebut. Berbagai era sudah di lalui manusia untuk melakukan komunikasi di dunia ini.  Salah satu jenis komunikasi adalah komunikasi massa, artinya komunikasi yang menggunakan media massa dan bisa juga diartikan komunikasi yang dilakukan dengan orang banyak. Komunikasi massa dalam Pariwisata Indonesia di era globalisasi berperan penting karena dengan adanya media massa maka pengembangan sektor pariwisata di Indonesia yang terdapat banyak hotel, restoran maupun sarana transportasi sebagai penunjang berjalannya roda perekonomian di sektor pariwisata dan bisa diakses dengan mudah. Dalam Wisata Religi, khususnya wisata religi Hindu maka produk-produk yang dapat ditawarkan antara lain produk perjalanan menuju Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pura Batur di Bali bagi umat Hindu yang berada di luar Pulau Bali. Produk wisata religi keluar negri yang dapat di tawarkan berupa perjalanan ke India, mengunjungi Sungai Gangga dan lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikurnia, Muhammad Irzal. (2017). “Penghargaaan Bergengsi untuk Pariwisata Indonesia” https://travel.kompas.com/. Diakses tanggal 4 Maret 2018.
Arifin, Anwar. (2010). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana.
Effendy, Onong Uchjana. (2011). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kadjeng, I Nyoman. (2010). Sarasamuccaya. Surabaya: Paramita.
Koentjaraningrat. (1977). Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
Maswinara, I Wayan. (2008). Bhagawad Gita. Surabaya: Paramita.
Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Noegroho, Agoeng . (2010). Teknologi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Prabupada, Sri Srimad A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada. (2000). Bhagawad Gita Menurut Aslinya. Jakarta: Hanuman Sakti.
Rohim, Syaiful. (2009). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ruben, Brent D dan Stewart Lea P. (2017). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suparta, INK. (2005). Keutamaan Tirthayatra. Denpasar. CV. Kayumas Agung
Suwena, I Ketut dan I Gusti Ngurah Widyatmaja. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.
Tathagati, Arini. (2015). Super Tourism Preneur. Yogyakarta: Andi Offset.
Vivian, Jhon. ( 2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2018-12-03
How to Cite
Wilantari, N. N. (2018). Komunikasi Massa Dalam Pariwisata Religi Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(2), 139-152. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i2.42