Optimalisasi Manajemen Perintisan Pendidikan Non Formal Lembaga Kursus Little Josua di Desa Pagarbatu Tapanuli Utara
Abstract
Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumen, wawancara dilakukan dengan informan yaitu pengelola bimbingan belajar. Observasi dilakukan dengan cara ikut serta hadir terus-menerus di tempat penelitian dengan mengamati aktivitasoptimalisasi manajemen perintisan pendidikan non formal lembaga kursus Little Josua Instrumen pengambilan data selain peneliti sebagai instrument kunci, juga menggunakan alat perekam serta kamera untuk mengambil foto-foto dalam wawancara. Dalam penelitian ini telah terjawab bahwa optimalisasi manajemen perintisan tetap dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dengan mengedepankan toleransi atau perlakuan khusus terhadap segala keterbatasan yang diaktualisasi dalam tindakan manajemen.
References
Fauzi, Erwin Rifal dkk (2018). Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa. Jurnal COOM-EDU, Vol. 1 Nomor 2, Mei 2018
Hidayat Asep, dkk(2022) Oftimalisasi penyusunan dan pembuatan laporan untuk mewujudkan good governance. Jurnal Hospitality, Vol.11 No.1 Juni 2022. P-ISSN: 2088-4834 E-ISSN : 2685-5534
Gesi, Burhanudin, dkk (2019). Manajemen dan Eksekutif Jurnal Manajemen
Vol. 3 No 2 Oktober 2019
ISSN : 2303-3495
Hidayat, M. Arif, dkk(2017) Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Jurnal Dudeena Vol. 1 No. 1 Februari 2017 | 31-42
Machali (ed.), I. (2012). Pendidikan Enterpreneurship: Pengalaman Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah dan Universitas. Yogyakarta: Tim Penelitian Program DPP Bakat Minat dan Keterampilan FITK UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Aura Pustaka.
Ngatini, Sih (2021). Upaya Inovatif Pengelolaan Lembaga Kursus Dan Kalasan Pada Masa Pandemi Covid-19 Prosiding ISBN 9786025323164 . 1285–1298.
Syarifuddin, La (2010). Konsep Dasar Desentralisasi Pendidikan Non Formal Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Risalah Hukum, Vol. 6, No. 1 hal 44-52 ISSN 021-969X
Thayibbi, Muhammad Ilham & Subiantoro. (2022) Konseedupreuneurship Dan Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi Jurnal Eduscience (JES) Vol. 9, No. 1 April, Tahun 2022
Zakaria, dkk (2022) Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis di Sekolah. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa Vol. 2 Nomor 2 Juli 2022 DOI Issue: 10.46306/vls.v2i2
Copyright (c) 2023 alki firton tambunan, Abai Manupak Tambunan, Hiskia Maruli Tua Pakpahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.