Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pascapandemi Covid-19 di SMA Negeri Kota Palangka Raya
Abstract
Pemulihan pembelajaran tatap muka pascapandemi Covid-19 menjadi sangat penting dan wajib bagi satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan untuk mendukung pembangunan dibidangnya, sebagai solusi dari dampak ketertinggalan pembelajaran (learning loss) selama pandemi. Pascapandemi Covid-19 saat ini memerlukan perubahan pola belajar peserta didik dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka terutama pada SMA Negeri di Kota Palangka Raya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri Kota Palangka Raya pascapandemi Covid-19. Deskripsi dan analisis ini sangat penting karena terjadi perubahan metode dan model pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti masa pandemi Covid-19 ke pascapandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori kognitif digunakan untuk memecahkan masalah manajemen perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pascapandemi Covid-19 di SMA Negeri Kota Palangka Raya. Teori behavioristik digunakan untuk memecahkan masalah manajemen pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pascapandemi Covid-19 di SMA Negeri Kota Palangka Raya. Teori Humanistik digunakan untuk memecahkan masalah manajemen evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pascapandemi Covid-19 di SMA Negeri Kota Palangka Raya. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan Peserta Didik mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Hasil analisis diperoleh kesimpulan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pascapandemi Covid-19 di SMA Negeri kota Palangka Raya, manajemen perencanaan pembelajaran berjalan baik berdasarkan teori kognitif yaitu sesuai pengetahuan dan kemampuan untuk proses perencanaan yang baik oleh kepala sekolah, guru, dan peserta didik dalam merencanakan dan mempersiapkan pembelajaran; manajemen pelaksanaan pembelajaran berjalan baik menurut teori behavioristik yang menekankan penguatan secara positif proses pembelajaran sesuai dengan perangkat pembelajaran, aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, pemanfaatan alat, dan bahan yang dipergunakan dalam pembelajaran, serta pengalaman peserta didik dalam memperoleh ilmu pengetahuan; manajemen evaluasi pembelajaran telah berjalan baik sesuai dengan teori humanistik yaitu supervisi mengutamakan pendekatan personal oleh kepala sekolah, tercapainya tujuan pembelajaran melalui penilaian dan asesmen oleh guru, pemanfaatan sarana dan sarana serta moda pelaksanaan ulangan/penilaian oleh peserta didik. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini yang berkaitan dengan manajemen perencanaan pembelajaran, manajemen pelaksanaan pembelajaran, dan manajemen evaluasi pembelajaran ditujukan kepada beberapa pihak, antara lain: kepala sekolah, guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, peserta didik, dan satuan pendidikan.
References
Andriana, Eva. 2021. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 Makassar pada masa pandemi Covid-19 (tesis). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Arifin, Shokhibul. 2021. Teori Kognitif dalam Perencanaan Pembelajaran. Tadarus, Jurnal Pendidikan Islam/Vol 10, No 2. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Bina Aksara.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darsono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbudristek.
Erviani, dkk. 2021. Manajemen Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Multi Kasus pada SMA Negeri 1 Ampana Kota dan SMK Informatika Komputer Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una). Jurnal Normalita Vol. 9, Nomor 3 September 2021.
Ghony, Djunaidi dan Fauzan Almansyur. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hadis, Abdul. 2006. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara
Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta : BPEE Yogyakarta.
Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen. Edisi II. Yogyakarta: BPKE Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups sebagai Instrument Penggalian data Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herliani, dkk. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.
Husamah, dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit: UMMPress
Hutami, Retno Indah. 2021. Kendala Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Bagi Siswa SD, Guru, dan Orang Tua. Jurnal Ilmiah WUNY Vol 3, No. 1.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risbt, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021 Nomor 443-5847 Tahun 2021, tentang Panduan Penelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Komariah, Aan dan Djam'an Satori. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis. (Tjetjep Rohendi, Pentj). Jakarta : UI Press.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nawawi, H. Hadari. 1983. Metode Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Gajah Mada University. Press.
Nazir, Muhammad, 1986. Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ni’mah, Faiqotul Izzatin. 2016. Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) pada Homeschooling ‘Sekolah Dolan’. Manajemen Pendidikan, (https://fip.um.ac.id/)
Nur, Zulfikah. 2022. Efektivitas Pembelajaran Pascapandemi Covid-19 Di MTs Negeri 1 Makassar. Jurnal Ilmiah. Makassar: Educandum.
Radiana, Usman, dkk. 2022. Manajemen Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pontianak. Jurnal Ilmiah. Vol.10 No.3 Edisi September2022
Robbins, Stephen dan Mary coulter. 2007. Management, 8th Edition. NJ: Prentice Hall.
Robbins, Stephen P. 2007. Perilaku Organisasi, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.
Satori, Djaman dan Aan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Siagian, Sondang P. 2003. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sihotang, A.. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Pradnya Paramitha
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo
Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosydakarya.
Supriadi, Dedi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suwondo, Chandra. 2013. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta Barat: halaman Moeka Publishing.
Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2010. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syarifuddin. 2022. Teori Humanistik dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Volume 6, Nomor 1. Bima: Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Taulany, Himmah. 2020. Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Terry, George R. 1993. Prinsip-prinsip Manajemen, (J. Smith, Pentj) Jakarta: PT Bumi Aksara.
Terry, George R. dan Leslie W. Rue. 2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Umar, Husein dan Purnomo Setiadi Akbar. 2005. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yamin, M dan Maisah. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas, Jakarta: Gaung Persada.
https://www.setneg.go.id/baca/index/pemerintah_resmi_cabut_kebijakan_ppkm_mulai_hari_ini (diakses pada tanggal 10 Maret 2023)
Copyright (c) 2023 I Wayan Muliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.