Fungsi Manajemen Pengembangan Kapasitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Pendidikan

  • Handiska Ayu Hepi Irjanti IAHN-TP
  • Kadek Sukiada
  • Sihung Sihung
Keywords: Manajemen Pengembangan Kapasitas, Mutu Pendidikan.

Abstract

Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pengembangan Kapasitas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN Satu Atap Desa Tumbang Kajamei, Kecamatan Bukit Raya Kabupaten Katingan, (Perspektif Manajemen Pendidikan Hindu). Jenis penelitian yang dipakai menggunakan penelitian kualitatif. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, para guru, siswa, orang tua murid dan kepala desa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa kepala SMPN Satu Atap Desa Tumbang Kajamei sudah menjalankan aspek-aspek Manajemen Pengembangan Kapasitas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan diantaranya yaitu Pertama, peran sebagai perencanaan mutu kepala SMPN Satu Atap Desa Tumbang Kajamei melakukan koordinasi kepada seluruh staf karyawan dan juga dewan guru dalam melakukan kegiatan, melibatkan seluruh komponen, menjelaskan tujuan yang akan dicapai, membentuk panitia-panitia, mengadakan monitoring dan mengadakan kegiatan. Kedua, peran sebagai pengendalian mutu kepala SMPN Satu Atap Desa Tumbang Kajamei dilakukan dengan mengadakan evaluasi kinerja, membandingkan kinerja aktual dengan target, mengadakan rapat pertahun, memberikan reward dan punishment, memberikan arahan kepada pegawai, dan selalu memberikan motivasi kepada staf karyawan maupun dewan guru. Ketiga, peran sebagai perbaikan mutu dalam hal ini kepala SMPN Satu Atap Desa Tumbang Kajamei mengadakan perbaikan terus menerus, mengadakan supervisi setiap persemester, memberikan pelatihan dan pendidikan kepada guru, mengadakan bimbingan belajar siswa pada jam luar sekolah dan bekerja sama dengan orang tua murid

References

Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pudja Gede & Tjok Rai.S. 1977. Manawa Dharmacastra. Dirjen Bimas Hindu Budha. Jakarta.

Sumintono, Bambang et al. 2013. Sekolah Unggiul : Pendekatan Pengembangan Kapasitas Sekolah. JMP. Volume 2 Nomor 1

Sutarno. 1988. Serba-Serbi Manajemen Bisnis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Terry, George. R. 1973. The Principles Of Management. Illionis.

Wahjosumidjo. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Rajawali Press.
Published
2023-11-29
How to Cite
Hepi Irjanti, H., Sukiada, K., & Sihung, S. (2023). Fungsi Manajemen Pengembangan Kapasitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Pendidikan. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 7(2), 146 - 163. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i2.1104