Manajemen Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palangka Raya
Abstract
Mutu pendidikan yang baik tergantung pada peran guru dalam proses belajar mengajarnya, karena guru menjadi figur sentral dalam dunia pendidikan yang selalu terkait dengan komponen sistem pendidikan khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Atas dasar anggapan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan fokus kajian pada tiga aspek permasalahan, yaitu Pelaksanaan, Pengelolaan Standar Isi serta Faktor-faktor pendukung dan penghambat Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 5 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan telaah dan metode analisis tersebut dapat diasumsikan sebagai berikut.
Pertama manajemen peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palangka Raya berdasarkan pada dua elemen dasar yakni manajemen peningkatan mutu, dan peningkatan mutu pendidikan. Dua elemen tersebut saling terkait menjadi satu keutuhan yang terartikulasikan pada manajemen peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palangka Raya. Pelaksanaan manajemen peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 5 Palangka Raya, mengacu pada tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; Kedua, Standar isi SMK Negeri 5 Palangka Raya mengacu pada standar nasional Pendidikan mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis Pendidikan tertentu. Standar isi tersebut memuat kerangka dasar dan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan kalender pendidikan/akademik; dan ketiga, Faktor pendukung dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri-5 Palangka Raya adalah sumber daya manusia, lingkungan sekolah, tujuan/visi SMK Negeri-5 Palangka Raya, peran serta masyarakat dan lembaga lain. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor ruang kelas di dalam melaksanakan ujian praktik
References
Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta:
Arikunto, Suharsimi. (t.t.) Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhari, (2009) Negara Hukum Indonesia Analisis Yuridis Normatif terhadap unsur-unsurnya. UI Press Jakarta.
Aripta Wibawa, I Made. 2005. Siapakah yang Disebut Guru. Denpasar. Panakom.
Bungin, Burhan. (2005) Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Departemen Pendidikan Nasional (2005). Managemen berbasis sekolah. Jakarta: Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional, 2006, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Konsep Dasar. Jakarta :Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
David, Fred R. 2010. Strategic Manajemen (Manajemen Strategik) Konsep. Jakarta: Selemba Empat.
Emzir.2011. Analisis Data Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusnandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Mardianti, Selly. 2020. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah As’ad Kota Jambi. Jambi : UIN Jambi.
Minarti, Sri. 2010. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri
Moh. Syaifulloh dkk. Startegi Peningkatan Mutu Pendidikan Disekolah. Vol. 05. No 02
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosda Karya.
Mulyasana, Dedi, (2012). Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nata, Abuddin. 2013. Kapita Selekta Pendidikan Islam : Isu Isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Pearce, Jhon A, Rihard B Robinson. 2009. Strategic Manajemen (Formula Implementasi dan Pengendalian). Jakarta: Selemba Empat.
Santoso, Nur. 2020. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kabupaten Labuhan Batu (Studi Kasus SDN 10 Rantau Selatan). Medan
Suryadi. 2009. Mananajemen Mutu Berbasis Sekolah Konsep dan Implikasinya. Jakarta: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Sadiman, Arif, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain System Pembeljaran. Bandung: Kencana Pranada Media Group.
Susanto, Ahmad, (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta, Prenandamedia Group
Syarifudin dan Irwan Nusation. (2005). Manajemen Pembelajaran,Jakarta. Quantum Teaching.
Terry, George R. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. UU No, 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Copyright (c) 2023 Marliani Marliani, I Made Suyasa, Kade Sukiada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.