Strategi Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan 4.0
Abstract
Transformasi pendidikan 4.0 menuntut guru untuk memiliki literasi digital yang tinggi guna mengadaptasi berbagai teknologi dalam proses pembelajaran. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan dalam menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, keamanan digital, dan pemanfaatan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan literasi digital guru dalam menghadapi tantangan pendidikan 4.0. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dan studi kasus pada beberapa institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif meliputi pelatihan berkelanjutan, integrasi teknologi dalam kurikulum, pendampingan oleh mentor digital, serta kolaborasi antar pendidik dalam komunitas pembelajaran berbasis digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dan survei terhadap guru di berbagai tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berbasis teknologi, pemanfaatan komunitas belajar digital, dan penggunaan Learning Management System (LMS) merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan literasi digital guru. Selain itu, dukungan dari kebijakan sekolah dan pemerintah turut berperan penting dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung peningkatan literasi digital guru. Dengan penerapan strategi yang tepat, diharapkan guru mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital.
Kata kunci: Literasi digital, transformasi pendidikan 4.0, strategi peningkatan, teknologi pendidikan, guru.
ABSTRACT
The transformation of education 4.0 requires teachers to have high digital literacy to adapt various technologies in the learning process. Digital literacy includes not only the ability to use technological devices, but also critical thinking skills, digital safety, and utilization of technology to create innovative learning. This study aims to analyze strategies to improve teachers' digital literacy in facing the challenges of education 4.0. The method used is a literature review and case studies in several educational institutions. The results show that effective strategies include continuous training, integration of technology in the curriculum, mentoring by digital mentors, and collaboration between educators in digital-based learning communities. The method used in this research is a literature study and a survey of teachers at various levels of education. The results show that technology-based training, utilization of digital learning communities, and use of Learning Management System (LMS) are effective strategies in improving teachers' digital literacy. In addition, support from school and government policies also plays an important role in creating an educational ecosystem that supports the improvement of teachers' digital literacy. With the implementation of appropriate strategies, teachers are expected to be able to adapt to technological developments and improve the quality of learning in the digital era.
References
Astuti, R., & Hidayat, M. (2021). Pelatihan Literasi Digital bagi Guru di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 85-97.
Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital Era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93-106.
Hidayah, S. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 155-164.
Huda, N., et al. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Digital di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(3), 56-72.
Pratama, A., & Suwanto, H. (2020). Tantangan dan Peluang Peningkatan Literasi Digital Guru di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 22-35.
Prastowo, A. (2019). Panduan Kreatif Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Teknologi.Yogyakarta: DIVA Press.
Putri, A., & Yulianto, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Learning Management System dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Informasi, 8(4), 112-126.
Rahayu, S., & Fauzi, I. (2022). Literasi Digital Guru: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Digital, 6(2), 99-110.
Rini, M., & Jannah, R. (2021). Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(3), 87-98.
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Susanti, L., & Rohman, A. (2022). Kolaborasi dalam Komunitas Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(3), 45-60.
Surani, Dewi. "Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1. 2019.
Ulfah, I., & Suryani, A. (2021). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(4), 225-237.
Wahyuningsih, E., et al. (2023). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan 4.0, 11(1), 78-90.
Copyright (c) 2025 eko wahyudi eko, Ni Made Rahayu W, Nanda Nanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

