Peran dan Tantangan Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Inovasi Pendidikan di Era Digital
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan
signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Di era digital saat ini,
TIK memainkan peran penting dalam mendorong inovasi pembelajaran yang lebih interaktif,
fleksibel, dan terjangkau. Artikel ini membahas peran utama TIK dalam mendukung
transformasi pendidikan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses implementasinya.
Beberapa manfaat penerapan TIK dalam pendidikan antara lain peningkatan akses terhadap
sumber belajar, personalisasi pembelajaran, dan peningkatan efektivitas pengajaran. Namun
demikian, terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya literasi
digital, resistensi terhadap perubahan, serta kesenjangan teknologi antara daerah perkotaan dan
pedesaan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang komprehensif untuk mengoptimalkan
pemanfaatan TIK dalam pendidikan guna menciptakan sistem pembelajaran yang adaptif dan
berkelanjutan di era digital. Metode kajian literatur menggunakan media online yaitu jurnal,
E-Book dan artikel ilmiah sebagai pendekatan.
Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Inovasi Pendidikan, Era Digital, Literasi
Digital, Transformasi Pendidikan.
References
Awaludin, L. (2019). Strategi penguatan kompetensi SDM Teknologi Informasi&Komunikasi (TIK) dalam mengoptimalkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 118-134.
Dewi, L., Emilzoli, M., Hernawan, A. H., Rullyana, G., Hanoum, R. N., Priandani, A. P., ... & Suwandi, M. F. K. (2025). Menjembatani Kesenjangan Digital: Pentingnya Pelatihan Guru dalam Mengembangkan Konten Pembelajaran Digital. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 10(1), 72-84.
Dinarti, N. S., Salsabila, S. R., & Herlambang, Y. T. (2024). Dilema Etika dan Moral dalam Era Digital: Pendekatan Aksiologi Teknologi terhadap Privasi Keamanan, dan Kejahatan Siber. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8- 16.
Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306-315.
Hutapea, R. H., & PAK, S. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era Digital.
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357-366.
Munir. (2012). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yustanti, I., & Novita, D. (2019, February). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0 utilization of e-learning for educators in digital era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Copyright (c) 2025 Tri Yuli Panca Meslawika, Yeni Wulandari, Made Dwike Mahendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

