Pengaruh Inovasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SDN Batur 04
Abstract
ABSTRACT
Innovation in leadership style by school principals is important to understand.. By understanding the leadership style that is in accordance with the situation of the organization he leads, it will help a leader in deciding what leadership style he will apply.The purpose of this study is to determine whether there is an influence of the leadership style applied to the performance of its members.In this study, the method used was a culaitative research method with data collection techniques, namely interviews and observations conducted at SDN Batur 04, with a total of 9 teachers consisting of 6 class teachers and 3 maple teachers.The analysis used is narrative analysis, namely by analyzing data as a story or narrative. This study shows that there are changes in teacher performance when different leadership styles are applied by the principal. At first the principal applied a situational leadership style which turned out to be less appropriate in the organizational environment with differences in the character of the teachers at school, this prompted the principal to apply a different leadership style to each group.
Keywords: Leadership style, teacher performance, improving, Innovation
ABSTRAK
Inovasi Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan hal yang penting untuk dipahami. Dengan memahami gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi organisasi yang dipimpinnya, maka akan membantu seorang pemimpin dalam memutuskan gaya kepemimpinan apa yang akan ia terapkan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh inovasi gaya kepemimpinan Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian metode penelitian kulaitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi yang dilakukan di SDN Batur 04, dengan jumlah guru sebanyak 9 orang yang terdiri dari 6 guru kelas dan 3 guru mapel, analisis yang digunakan adalah analisis analisis naratif, yaitu dengan menganalisis data sebagai suatu cerita atau narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan kinerja guru ketika gaya gaya kepemimpinan yang berbeda diterapkan oleh kepala sekolah. Pada awalnya kepala sekolah menerapkan menerapkan gaya kepemimpinan situasional yang ternyata kurang sesuai di lingkungan lingkungan organisasi dengan perbedaan karakter guru-guru di sekolah, hal ini sekolah, hal ini mendorong kepala sekolah untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang berbeda pada yang berbeda pada setiap kelompok.
Kata kunci: Gaya kepemimpinan, kinerja guru,meningkatkan, inovasi
References
Aini, E. N., Isnaini, I., Sukamti, S., & Amalia, L. N. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Kesatrian Kota Malang. Technomedia Journal, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.33050/tmj.v3i1.333
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Budiwibowo, S. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru (karyawan) di kota Madiun. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02).
Bustari, M. (2010). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Makalah. Konferensi Internasional Manajemen Pendidikan (Icemal). Yogyakarta: UNY.
Dwapatesty, E., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Hubungan gaya kepemimpinan karismatik terhadap motivasi kerja guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3000–3006.
Fitriani, A. (2015). Gaya kepemimpinan perempuan. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 11(2), 1–22.
Lumban Gaol, N. T. (2017). Teori dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 213. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p213-219
Lusiana, A. (2021). Kepemimpinan Laissez Faire.
Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 20(4), 478–492.
Nurfitri, T., & Lestari, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 10(1), 38–55.
Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(3), 5226–5236.
Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61
Siagian, H. M., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Penerapan Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah SD Swasta. Jurnal Basicedu, 6(3), 3821–3829.
Suryati, S. (2021). Gaya Kepemimpinan Servant Leadership, Kepuasan Kerja, Loyalitas Kerja Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus Pada Kantor Bpkad “Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah) Kabupaten Mappi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 1002–1018.
Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Transparansi Hukum, 2(1).
Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123–130.
Warisno, A. (2022). Konsep mutu pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 310–322.
Zubaida, A. N., Maruf, C., & Lazuardi, A. (2024). IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM ORGANISASI. Emerald: Journal of Economics and Social Sciences, 3(1), 1–10.
Copyright (c) 2025 Messi Ana Jayati, Sophia Tri Satyawati, Stefanus Christian Relmasira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

