Paradigma Baru dalam Manajemen Keuangan Sekolah: Inovasi Pembayaran SPP Melalui Virtual Account di SD KH Papua
Abstract
Perkembangan teknologi digital menuntut adanya inovasi dalam manajemen lembaga pendidikan, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, dampak, dan tantangan dari penerapan sistem pembayaran SPP melalui virtual account (VA) sebagai sebuah paradigma baru dalam manajemen keuangan di SD KH Papua. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan kepala sekolah, bendahara, dan orang tua siswa, serta didukung oleh observasi dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem VA secara signifikan meningkatkan efisiensi administrasi, mengurangi beban kerja manual bendahara, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas keuangan sekolah. Bagi orang tua, sistem ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas pembayaran. Meskipun demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah tingkat literasi digital sebagian orang tua dan keterbatasan akses internet di beberapa lokasi. Strategi sosialisasi yang intensif dan pendampingan personal menjadi kunci keberhasilan adaptasi sistem ini. Kesimpulannya, inovasi pembayaran SPP via VA merupakan sebuah transformasi positif yang efektif, namun keberhasilannya sangat bergantung pada kesiapan infrastruktur dan pendekatan adaptif terhadap pengguna.
References
Astuti, P., & Fathoni, A. (2021). Transformasi Digital dalam Manajemen Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 45-56.
Eliade, M. (1978). A history of religious ideas. Chicago: University of Chicago Press.
Fauzi, A., & Purnomo, S. H. (2020). The role of technology acceptance model in explaining the adoption of E-payment. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 895–902.
Kurniawan, A. (2019). Penerapan Sistem Informasi Pembayaran SPP Online untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi Sekolah. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(2), 78-85.
Murphy, J. (2017). Beyond “Religion” and “Spirituality.” Archive for the Psychology of Religion, 39(1), 1–26.
Nugroho, M. A. (2019). Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan Kas dari Pendapatan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada Sekolah Menengah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 21(1), 34-45.
Pratama, I. P. A. E., & Sari, M. M. R. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko pada Minat Menggunakan Pembayaran Virtual Account. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 30(8), 2091-2105.
Rahardja, U., Lutfiani, N., & Handayani, I. (2018). Determinants of an E-Payment Adoption for Higher Education. Journal of International Conference Proceedings, 1(1), 201-209.
Satyawati, S. T. (2022). Pengembangan sistem informasi keuangan sekolah berbasis web untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Jurnal Adimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 81-88.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.
Wibowo, A. (2021). Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan: Teori dan Praktik di Era Digital. Gramedia Pustaka Utama.
Copyright (c) 2025 Vilia Dechressya Tomatala, Sophia Tri Satyawati, Stefanus Christian Relmasira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

