KOMPETENSI PUSTAKAWAN DALAM MANAJEMEN PENGETAHUAN

  • gusti ayu iahntp

Abstract

Abstrak

Manajemen pengetahuan mencakup belajar yang efektif untuk mengelola pengetahuan baik sebagai objek maupun sebagai proses. Pembelajaran ini mengharuskan para manajemen untuk mengembangkan pemahaman umum tentang apa pengetahuan, serta apa metode yang efesien dan sistematis untuk mengelola pengetahuan tersebut dalam organisasi.

Tulisan ini menggali fenomena manajemen pengetahuan yang telah lama berkembang yang sangat bersentuhan dengan informasi dan pengetahuann dewasa ini. Pustakawan sebagai subyek pemberdaya pengetahuan (knowledge enabler) diharapkan mampu mengembangkan konsep manajemen pengetahuan. Sesuai latar belakang penulis seorang pustakawan (librarian) maka konsep manajemen yang di bahas dalam tulisan ini diarahkan pada peran pustakawan fungsional yang berada dalam lingkungan manajemen organisasi perpustakaan.

Pustakawan seharusnya berupaya mengidentifikasi pengetahuan dan mengembangkan sistem yang diperlukan untuk menangani dan mengelola pengetahuan. Untuk mencapai upaya tersebut maka, pustakawan tetap harus memprakarsai dan menumbuhkan serta mengembangkan sistem agar pengetahuan bisa di implementasikan.

Solusi yang harus dipenuhi oleh pustakawan dalam memberdayakan pengetahuan antara lain : pustakawan harus dapat meningkatkan kemampuan dalam teknologi informasi yang memadai, mengembangkan komunikasi ilmiah bagi sesama pustakawan, menumbuhkan jiwa kewirahusahaan dan bisnis, dan pustakawan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, manajerial dan kepemimpinan berbasis informasi.

Kata Kunci: Pustakawan, Manajemen, Pengetahuan

 

Published
2019-12-03