MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Manajemen merupakan bagian penting dari kehidupan yang sekaligus membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Unsur manusia berkembang menjadi suatu bidang Ilmu Manajemen yang disebut dengan Manajemen Sumber Daya Manusia. Pendidikan Karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Prinsip-prinsip pendidikan karakter. Pendekatan Pendidikan Karakter. Pengembangan Karakter, dikembangkan melalui tahapan pengetahuan, pelaksanaan, dan kebiasaan. Pengembangan Karakter yakni mengembangan moral knowing, kemudian moral feeling, dan moral action, maka akan semakin membentuk karakter yang baik atau unggul/tangguh.
References
Handoko, T Hani, 2001. Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. BPFE. Yogyakarta.
Kamus besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, 2008 ,PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kulsum, Umi, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Paikem, Penerbit Gena Pratama Pustaka. Surabaya.
Miftah, Zainul, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan & Konseling, Penerbit Gena Pratama Pustaka. Surabaya.
Muslich, Masnur, 2018. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta
Noor, Juliansyah, 2013. Penelitian Ilmu Manajemen Tinjauan Filosofis dan Praktis. Penerbit Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Santika, Ni Wayan Ramini, 2016. Jurnal Satya Widya Volume 1 Nomor 2, Desember 2016. STAHN-TP. Palangka Raya.
Salahudin Anas dan Alkrienciehie Irwanto, 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Penerbit CV Pustaka Setia. Bandung.
Suwatno dan Priansa Donni Juni, 2018. Manajemen SDM Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional RI. Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.