Peran Kurikulum Muatan Lokal Dalam Melestarikan Bahasa Daerah (Dayak Ngaju, Kalimantan Tengah)

  • Desak Ketut Angraeni Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
Keywords: Peran, Kurkulum Muatan Lokal, Bahasa Daerah Dayak Ngaju

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Isi kurikulum merupakan susunan dan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan penyelenggaraan satuan pendidikan yang bersangkutan, dalam rangka upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dari berbagai mata pelajaran yang ada baik di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas terdapat salah satu mata pelajaran yang mampu membantu melestarikan budaya daerah setempat adalah mata pelajaran muatan lokal.

            Muatan lokal dalam kurikulum terdapat pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 79 tahun 2014 tentang muatan lokal kurikulum 2013. Muatan lokal merupakan bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempat tinggalnya. Muatan lokal yang masuk ke dalam satuan Pendidikan yaitu salah satunya adalah bahasa daerah Kalimantan Tengah yaitu bahasa daerah Dayak Ngaju.

            Peran kurikulum muatan lokal dalam melestarikan kebudayaan daerah terutama bahasa daerah Kalimantan Tengah yang menggunakan bahasa Dayak Ngaju merupakan upaya dalam Pendidikan agar bahasa daerah ini tetap lestari bagi peserta didik daerah aslinya maupun  peserta didik pendatang dari luar daerah sehingga peserta didik memiliki bekal kemampuan serta pengetahuan mengenai bahasa daerah di tempat peserta didik tinggal dan memiliki sikap atau perilaku yang selaras dengan nilai-nilai atau aturan-aturan yang berlaku di daerahnya serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya setempat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.

References

Abdulsyani. 2002. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Dr. Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
_________________ 1995. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Iper, Dunis. 2011. Bahan Ajar Mulok Kalimantan Tengah Bahasa Dayak Ngaju Untuk Sekolah Dasar Semester 1. CV Anugrah Indah Mandiri. Kalimantan Tengah.
Riyadi. 2002. Perencanaan Pembangunan Daerah Strategi Mengendalikan. Jakarta. Gramedia.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Sebagai Pengantar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
________________ 2002. Teori Peranan.
Jakarta. Bumi Aksara.
Sutarto, 2009. Dasar-Dasar organisasi. Gadjah Mada. University Press. Yogyakarta
Undang-Undang RI No 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Asoka Dikta Durat Bahagia
Wibowo, W. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Wikipedia. 2020. Bahasa Ngaju. Diakses 12 November 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Ngaju
Published
2020-12-31