IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN

  • I Putu Widiyanto Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
  • Endah Tri Wahyuni Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
Keywords: perencanaan pembelajaran

Abstract

Pembelajaran merupakan aktivitas terencana yang disusun guru agar siswa mampu belajar dan mencapai kompetensi yang diharapkan, oleh karena itu sebelum melaksanakan pembelajaran guru harus menyusun perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sangat penting karena menjadi pedoman dan standar dalam usaha pencapaian tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan pembelajaran berpengaruh terhadap kinerja guru dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Implementasi perencanaan pembelajaran akan membuat empat kompetensi guru berjalan dengan baik meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Dan perencanaan pembelajaran yang baik akan membuat pelaksanaan pembelajaran akan berjalan baik pula.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama.
Amanaturrakhmah, I., Kardoyo, & Rifai, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6(2), 159–165.
Aminah, N. (2016). Kepraktisan Model Assurance , Relevance , Interest , Assessment , Satisfaction ( Arias ). Journal of Mathematics Education, 2(2), 25–34.
ANI, Y. (2013). Penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Seminar Nasional Implementasi Kurikulum 2013, 742–749. Jakarta: Program Studi PEP UNJ Jakarta.
Ariadi, B. Y. (2006). Analisis kelembagaan pemasaran apel organik di malang raya. Humanity, II(September), 58–67.
Asmarawati, E., Riyadi, & Sujadi, I. (2016). Proses Integrasi Sikap Sosial Dan Spiritual Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kecamatan Purwodadi. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 58–69.
Awaludin, Mallo, B., & Lefrida, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas VII MTs Putri Aisyiyah PALU. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 74–85.
Bafadhal. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistim. Jakarta: Bumi Aksara.
Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1), 25–38.
Dadang, K. (2012). Manajemen Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Davies, E. (2007). The Training Manager’s Desktop Guide. In Journal of Experimental Psychology: General (Vol. 136). London: Thorogood Publishing Ltd.
Deden. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, 98–107.
Dewi, N. G. A. A. L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2013). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas x sma lab singaraja 1. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 3(1).
Erlinda, N. (2017). Karakteristik guru yang memiliki kompetensi sosial. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 391–394.
Gora, Winastwan, & Sunarto. (2010). Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Griffin, R. W. (2004). Manajemen. Terjemahan Gina Gania. Jakarta: Erlangga.
Gunawan, I. (2017). Instructional Management in Indonesia : a Case Study. Journal of Arts, Science & Commerce, VII(1), 99–108. Retrieved from http://e-resources.perpusnas.go.id:2071/docview/1880386970/fulltextPDF/7385E9473C9B4129PQ/1?accountid=25704
Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryono, Syaifudin, A., & Widiastuti, S. (2015). Evaluasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2), 119–126.
Hasibuan, J. J., & Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herujito, Y. M. (2006). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Gahlia Indonesia.
Ine, M. E. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Padamata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015, (20), 269–285.
Kartiani, B. S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 212–221.
Ladjid, H. (2005). Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Quantum Teaching.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manullang, M. (2014). Manajemen Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 21(2), 208–214.
Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Tik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kelola UKSW, 4(1), 59–71.
Mutamimah, & Munadharoh. (2013). Analisis Empowering Leadership Dan Psychological Empowerment Dalam Organisasi. Ekobis, 14(2), 28–43.
Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 339–352.
Nirwana. (2014). Pengaruh Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa-Fisika Di Smpn Kota Bengkulu (Studi eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester I SMPN 11 Kota Bengkulu) 2012. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL) SNF2014, (3), 71–79.
Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61.
Nurtanto, M. (2013). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, (10), 553–565.
Putra, N. (2015). PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA. Jurnal Al-Fikrah, 3(2).
Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Manajemen Pendidikan, 24(5), 357–366.
Rajabi, M., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1).
Ramona, Melia, Y., & Harisnawati. (2017). Strategi guru menghadapi siswa slow learning dan speed learning dalam proses pembelajaran sosiologi di sma negeri 4 pariaman. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar.
Rayuni, D. (2010). Manajemen Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 3 Palembang. TA’DIB, XV(1).
Rukayah, & Ismanto, B. (2016). Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Semarang. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan UKSW, 3(2), 178–191.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9(1), 111–128.
Saifudin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
Samiudin. (2016). Peran metode untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 11(2), 94–97.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2007). Sejarah 1 SMA kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Sari, I. M. (2015). Penggunaan model listening team sebagai sarana meningkatkan kemampuan bertanya pada pembelajaran ipa siswa kelas x smk yp 17-2 madiun. Jurnal Florea, 2(1), 23–28.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 01(02), 34–46.
Sholeh, M. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat Sma Dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi, 4(2), 129–137.
Sidek, E. A. R., & Yunus, M. M. (2012). Students’ Experiences on using Blog as Learning Journals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 135–143. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.314
Slamet, A. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Soemohadiwidjojo, A. T. (2014). Mudah Menyusun SOP. Jakarta: Penebar Plus.
Suardi, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Suatrean, R. A., & Jusriana, A. (2016). Hubungan Kompetensi Kepribadian Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Fisika Madrasah Aliyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 75–82.
Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhartati. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas X Man 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(April).
Suherman, F., Kardoyo, & Prasetyo, P. E. (2015). MANAJEMEN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA SISWA SMPN SATU ATAP 6 SAJIRA. Journal of Economic Education, 4(1), 100–109.
Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 41–51.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi, 3(02), 183–193.
Susanti, L. (2015). Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi Dari Teori-Teori Belajar. Jurnal PPKn & Hukum, 10(2), 71–83.
Susanti, R. (2016). Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Al-Fikrah, 4(1).
Sutrisno, & Suyadi. (2016). Desain Kurikulum Perguruan tinggi, Mengacu KKNI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwito, Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Smp Negeri 1 Tapaktuan Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan PascasarjanaUniversitasSyiah Kuala, 5(3), 67–73.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi erlangga group.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib; Vol 16, No 01 (2011), 113–136. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/57/52
Terry, G. R. (2012). Asas - Asas Manajemen Edisi Kedelapan. Terjemahan Winardi. Bandung: PT Alumni.
Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Umar, H. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ( Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). JURNAL EDUKASI UNEJ, 7(1), 5–9.
Wachyudi, K., Srisudarso, M., & Miftakh, F. (2015). Analisis Pengelolaan dan Interaksi Kelas dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 40–49. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru Dalammeningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38–46.
Zakaria, S. F., & Awaisu, A. (2011). Shared-Learning Experience During a Clinical Pharmacy Practice Experience. American Journal of Pharmaceutical Education, 75(4), 75. https://doi.org/10.5688/ajpe75475
Zuhri, M. N. C. (2013). Studi tentang efektivitas tadarus al-qur`an dalam pembinaan akhlak di smpn 8 yogyakarta. Cendekia, 11(1), 113–129.
Published
2020-12-31