MENEJEMEN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Manajemen proses pembelajaran sangat penting dalam rangka meningkatkan efektisitas belajar mengajar apalagi dalam masa pandemi covid-19. Berbagai usaha dilakukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan kesehatan. Proses belajar mengajar saat ini merupakan hal yang sangat penting dalam lembaga pendidikan. Sehingga dibutuhkan metode atau cara yang tepat agar proses belajar mengajar ini tetap mencapai tujuan pembelajaran sebagaimana mestinya. Dalam hal ini guru sebagai fasilitator pendidikan dituntut harus mampu menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan meski dalam kondisi belajar jarak jauh. Sebagai seorang guru harus mampu memilih dan menerapkan metode belajar apa yang sesuai dengan kompleksivitas materi dan karakter masing-masing peserta didik. Berbagai hambatan, kesulitan, dan keterbatasan dihadapi dalam proses belajar mengajar, mulai dari faktor peserta didik, keluarga peserta didik, maupun sarana dan prasarana yang kurang representatif, namun kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) tetap menginstruksikan seluruh pendidik di semua jenjang pendidikan agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dari rumah baik siswa maupun mahasiswa. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan dalam mengelola pembelajaran mulai dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluating) dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19 saat ini, baik implementasi pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).
References
Atsani, L. G. M. Z. 2020. Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal: Studi IslamVol. 1 No. 2 Hal 44-54. Al-Hikmah.
Charles, M. 1999. Reigeluth, Instrutional-Desing Theories and Strategies. A New Paradigm of Instructional Theory. Vol II, Hal 143. New Jersey: Lawrence Associates, Publisher.
Curti, dkk. 1996. Kombinasi Bisnis dan Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gasong, Dr. Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepiblish CV. Budi Utama.
Gold, L., & Maitland, C. 1999. What’s the difference? A riview of contenporary research on the effectiveness of distance learning in higher education. Washington: Institute for Higher Education Policy.
Holmberg, B. 2005. The Evaluation, Principles and Practices of Distance Education. Oldenburg: Bibliotheksund Informatonssystem der. Carl von Ossietzky universitat Oldenburg.
Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. 2020. Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 9(1) Hal 126-130. Paudia.
Lailatul Maskhuroh, dkk. 2020. Penerapan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Materi Tarikh Berbatukan Internet di SMPN 1 Jombang. Jurnal: Manajemen Pendidikan, Vol 09 No 1, Maret 2020 hal 50. URWATUL WUTSQO.
Margaret, E. Gredler. 1991. Learning and Instruction Theory Into Paractice, terjemahan Munadir. Jakarta: Rajawali
Rue, Leslie W & Byars Lloyd L. 2000. Human Resources Management. Boston: Irwin.
Saifudin Zuhri, Mutmainah. 2019. Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Iklim Belajar di Kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan Banten. Jurnal: Ilmu Pendidikan Islam, Vol I.
Setiawan, A. R. 2020. Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal: Journal of Elementary Education Vol 4 (1), 24 Januari, Hal 71-80. Basicendu.
Simonson, M. 2019. Distance Learning Journal. Book 2, Vol. 16. Charlotte: Information Age Publishing.
Wibowo. 2013. Menegemen Perubahan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yusuf, Ujang Adi. 2020. Kebutuhan Ilmu Manajemen Pendidikan Islami Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi. Jurnal: Manajemen Pendidikan Islam, Vol 4, 07 Juli 2020 hal 96.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.