Manajemen Kepala Sekolah Dalam Memonitoring Aktivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) (Studi di SMA Negeri di Kota Kupang)

  • Hendrik A E Lao Institut Agama Kristen Negeri Kupang
Keywords: Manajemen, Kepala Sekolah, Pandemi Virus Corona

Abstract

Abstrak

Pandemi virus corona tengah melanda Indonesia sejak Maret 2020, sehingga menyebabkan pemerintah menginstruksikan agar sekolah-sekolah melakukan aktivitas belajar dari rumah. Oleh karena itu, fungsi manajemen kepala sekolah sangat diperlukan untuk memperlancar berjalannya program ini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana fungsi manajemen kepala sekolah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah di SMA Negeri di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dan juga melihat dokumen-dokumen berupa foto dan video hasil laporan guru kepada kepala sekolah sebagai bentuk aktivitas belajar siswa dari rumah. Hasil penelitian diperoleh bahwa selama masa belajar dari rumah dilakukan siswa tetap belajar khususnya meningkatkan kemampuan literasi dan numerik dengan dibimbing oleh guru dan juga orang tua. Apabila orang tua mengalami kesulitan dalam membimbing anak, maka guru akan langsung membimbing siswa. Metode-metode yang digunakan juga sudah sangat efektif dan efesien dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan siswa.

References

A. O. Oparanma, D. I. Hamilton, and S. A. Jaja “Strategies for managing hospitality in a turbulent environment: nigerian experience,” International Journal of Management and Innovation. vol. 1, no. 1, pp. 24-36, 2009.

Alkhafaji, Adnan.A, dkk (2018) The Impact of Management Control System (MCS) on Organizations Performance a Literature Review. Jurnal of Economics and Administrative Sciences.

Andang, (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah:Konsep, Strategi dan Inovasi Menuju Sekolah Efektiv. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Arumsari, Nurul Rizka (2017) Penerapan Planning, Actuiting, Organizing and controlling di UPTD Dikpora Kecamatan Jepara. Jurnal Unpad Vol XV

Asumeng, Maxwell. A. & Judith Ansaa Osae-Larbi (2015) Organization Development Models: A Critical Review and Implications for Creating Learning Organizations. European Journal of Training and Development Studies Vol.2, No.3, pp.29-43.

Creswell, John, (2015). Riset Pendidikan. Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan kuantitatif, Edisi Kelima. Yokyakarta: Pustaka Pelajar

Djam’am Satori & Komariah, Aan , (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet

Daryanto & Farid, Mohammad, (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

https://infeksiemerging.kemenkes.go.id/(diakses pada 27 April 2020)

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.co./nasional/read/2020/03/1 5/14232 961/jokowi-saatnya- kerja-dari-rumah-belajar-dari- rumah-ibadah-dari- rumah (diakses pada 12 April 2020)

Instruksi Gubernur NTT Nomor: 443/100/2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19) Pada Satuan Pendidikan di Provins bi NTT (18 Maret 2020)

Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: 443/102/2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan di Provinsi NTT (17 April 2020)

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07/Menkes/104/2020 tetang Penetapan Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) Sebagai Penyakit yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya.

Kompri, 2014. Manajemen Sekolah, Teori dan Praktek. Bandung Alfabeta

Latifah, Noor. 2008. Hakekat Aktivitas Siswa, (Online) (http://Latifah04wordpress.com, di akses 3 September 2020)

Mukhtar & Latief, Suryawahyuni, (2018). Teori manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana

Novianty, (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaiang dan Kecerdasan Emosi. Yogyakarta: Deepublish

Pedoman Pencegahan Dan pengendalian CoronaVirus Disease (COVID-19), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, 2020

Pidarta, Made (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Rohiat, (2008). Manajemen Sekolah- Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama

Rita Liswani, (2017) Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, dan Kinerja Guru, Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017 e ISSN: 2527-6891 DOI: http://dx.doi.org/10.26740/jp.v2n2. p143-149 (diakses pada 12 April 2020)

Sandi Aji Wahyu Utomo, (2017) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhamadiyah 7 Yogyakarta) Vol. 01.No. 01, Februari 2017. (diakses pada 12 April 2020)

Sampurna, K. 2009. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Cipta Karya

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugeng Utomo, (2020)Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif, Jurnal AplikasiManajemen. http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/ jam/article/view/311 (diakses pada 12 April 2020)

Susanto, Ahmad (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group

Terry, George. R & Rue, Leslie. W. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1991 tentang penanggulangan Wabah Penyakit menular (Lembaran Negara Indonesia Tahun 1991 Nomor 49, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3447)

Samsudi, (2006). Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Depdikbud.

Surat Edaran Nomor HK. 02.01/ MENKES/202/2020 Tentang Protokoler Isolasi Diri Sendiri Dalam Penanganan CoronaVirus Disease (COVID-19)

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 128, Tambahan Lembaran Negara Republik I ndonesia Nomor 6236)

Yuli, Yani (2017). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan di SMP Nadhatul Ulama Medan Helvetia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 no. 1 Juli- Desember 2017

Published
2022-07-31
How to Cite
Lao, H. (2022). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Memonitoring Aktivitas Belajar Dari Rumah Di Tengah Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) (Studi di SMA Negeri di Kota Kupang). Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v6i1.784