Manajemen Kelas Minoritas dalam Belajar Agama Hindu di SDN-3 Selat Hilir Kabupaten Kapuas

  • Ni Wayan Haryati Utami Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
Keywords: manajemen, kelas, perundungan, minoritas

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah untuk menggali dan menganalisa permasalahan yang dihadapi siswa Hindu di Sekolah Dasar Negeri dimana siswa Hindu merupakan siswa minoritas dan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut. Menjadi siswa minoritas bukanlah hal yang mudah, karena rentan mendapatkan bullying dari siswa lain yang tentunya berdampak pada kondisi mental siswa yang bersangkutan. Apabila kondisi ini tetap dibiarkan dan tidak ditangani dengan baik, maka siswa akan enggan untuk belajar dan yang lebih parah lagi menyebabkan gangguan fisik seperti halnya keringat dingin, pusing, mual dan muntah. Oleh karena itu diperlukan manajemen kelas yang tepat agar tercipta kelas yang kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan nyaman. Kajian yang digunakan penulis dalam menulis jurnal ini adalah kualitatif deskriftif dimana penulis mengamati secara empiris kondisi siswa dan melakukan wawancara langsung. Selain itu juga penulis menggunakan sumber literatur baik buku, jurnal dan bahan referensi lainnya. Hasil yang ditemukan dalam kajian ini menunjukan bahwa manajemen kelas merupakan kunci utama dalam menangani permasalahan anak yang menghadapi bullying dalam belajar Agama Hindu di Sekolah Dasar Negeri.

 

References

Ali Imron dkk. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003 Craig,
Wendy, dkk. “A Cross-National 3UR¿OH RI Adolescents in 40 countries”, Int J Public Health. 2009:54 (Suppl 2):216-224. Darmawan. 2010.
“Bullying in School: A Studey of Forms and Motives of Aggression in Two Secondary Schools in the city of Palu, Indonesia”, tesis. "http://munin.uit.no/bitstream/handle/10037/2670/thesis.pdf?sequence=2"http://munin.uit.no/bitstream/handle/10037/2670/thesis. pdf?sequence=2 (diakses tanggal 8 Mei 2014) Egi. 2011.

“Perilaku bullying pada anak sekolah”. on line at http://regianamanah.blogspot.com/2011/02/perilaku-bullying-padaanaksekolah.html [accessed at 21/12/2011]
Komnas PA, Terima Laporan 3.339 Kasus Kekerasan Anak, http://news.okezone.com/ read/2014/05/06/337/980928/komnas-paterimalaporan-3-339-kasus-kekerasan-anak, diakses tanggal 10 Mei 2014.
Mary McCaslim dan Thomas L. Good (1992) dalam Vern Jones dan Loise Jones (2012): Konsep Manajemen Kelas
Nasution, Noehi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rachman, Maman. Manajemen Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1998
Jurnal Psikologi Sosial, September 2005. Tahun 12, No.1, hal:1-14.
Irnie Victorynie: Mengatasi Bulying Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Manajemen Kelas yang efektif.2017
Salman Rusydi Prinsip-prinsip Manajemen kelas: Diva Prress Cet Pertama 2011
Simanjuntak, B. dan Pasaribu, I.L. Psikologi Perkembangan (Dasar Psikologi Kriminil). Bandung:
Sunarto dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008
Tarsito, 1983 Sunarto dan Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008
Sunaryo. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP Malang, 1989
Suharsimi Arikunto. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pers, 1992
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Published
2022-07-31
How to Cite
Utami, N. W. (2022). Manajemen Kelas Minoritas dalam Belajar Agama Hindu di SDN-3 Selat Hilir Kabupaten Kapuas. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 6(1), 48-57. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v6i1.846