Implikasi Media Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa

  • Ida Bagus Alit Griyahananadi
Keywords: Yoga, Konsentrasi Belajar, siswa

Abstract

Perkembangan pendidikan yang terus meningkat sesuai dengan perubahan zaman, menyebabkan para siswa mengalami stress dan depresi. Siswa mengalami stress dan depresi disebabkan karena kurikulum belajar yang terus mengalami perubahan. Media Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk mencegah pergeseran sikap dan perilaku generasi muda tersebut, terutama sikap saling menghormati antar sesama antara lain dengan mempertebal penghayatan ajaran agama dan pengembangan diri melalui kegiatan-kegiatan penanaman nilai-nilai budi pekerti, serta dengan mengikuti pembelajaran dan pelatihan yoga secara intensif. Implikasi Media Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa yaitu: meningkatkan religi siswa dan membentuk karakter pada siswa. Dengan disiplin melaksanakan ajaran yoga seseorang akan mampu di bentuk menjadi seseorang yang memiliki perilaku susila. Dan yang terpenting ialah berpikir (manacika), berkata (wacika) dan berbuat (kayika) yang baik. The implications of Yoga Media in Improving Student Learning Concentration are: improving student religion and forming character in students. With the discipline of carrying out the teachings of yoga a person will be able to be formed into someone who has moral behavior. And the most important thing is to think (manacika), say (wacika) and do (kayika) good.

References

A.Black, James dan Dean Jean J. Champion. 2002, Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Terjemahan oleh E. Koswara dkk, Bandung: Reefika Aditama.

Aan Komariah dan Djam’an Satori.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Asri Budiningsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran.: Reanika Cipta

Bear. G, Kortering.L,and Braziel.P 2006. “Similarities in Academic Achievement and Perceptions of Self and Teachers”. Proquest education journal pg.293

Berk, L. E. (2012). Development Through The Lifespan 1: Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bogdan dan Taylor, 1975 dalam J. Moleong, Lexy. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Briggs, Leslie, J., (1977). Intructional Design, Principle and Aplication. NewYork: Mc.Graw- Hill Book Company

Cahyo Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.

Dang Syaras Ahmad (2016) yang berjudul “Komunikasi Instruksional Instruktur Di Lindz Yoga Studio Pekanbaru” (Jurnal Universitas Riau)

Fadilah,dkk. 2021. Pendidikan Karakter. Bojonegoro. CV. AGRAPANA MEDIA

Febriani, Fricilia, Syafdaningsih Syafar, and Rukiyah. 2019.“Pengembangan Permainan Pesan Berantai Untuk Konsentrasi Anak Di Kelompok A Tk Kartika Ii-1 Palembang.” Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD.

Gibson, K (2004) Reducing Stress Creating Harmony : Transformasi Ruang Fisik, Mental dan Emosional Anda. Terjemahan, Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.

Gunarta (2017) yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Yoga Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta” (Jurnal Denpasar)

Guru Mengajar Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 11(1):15–22.

Hakim,T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Huda Miftahul, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Jan, Maddern. 2004. Yoga Memabakar Lemak. Batam: Interaksara

Kamajaya, Gede. 1993. Yoga Kundalini Cara Untuk Mencapai Siddhi dan Moksa. Surabaya: Paramita.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001. Jakarta : Balai Pustaka

Kinasih, Arumsukma, 2010. “Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup”. UGM. (Jurnal Vol.18 Denpasar)

Koentjaraningrat.1999.Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: P.T Gramedia

Latifah, Khuzaimatul, and Zainal Habib. 2014. “Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan “

Leaner, J.W & Kline, W.F. 2006. Learning Disabilities and Related Disorders. Hougton Mifflin Company. New York

Marbun, BN. 2003. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Marliany, Rosleny (2010), Psikologi Umum, Pustaka Setia, Bandung.

Muhammad, 2011.Metodologi Penelitian Bahasa.Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Nasution, S, 2000, Metode Penelitian Naturalistik Kwalitatif. Bandung : Tarsito.

Nugroho, W. (2007). Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka

Nuryana, Aryati. 2010. “Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak.” Indigenous, Ilmiah Berkala Psikologi VOl.12 No.:88–98.

Palguna, IBM Dharma. Leksikon Hindu. 2011. Lombok : Sadampatyaksara

Pasek ,I Ketut. 2006. Peranan Orangtua Dalam Membina Moral Remaja di Desa Pakraman Penglipuran kelurahan Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Denpasar : IHDN

Redana, I Made. 2006. Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal Riset. Depasar : IHDN

Sarasvati, 2002. Asana, Pranayama, Mudra, Banda. Surabaya : Paramita.

Sarasvati, Swami Satyananda. 2002. Asana, Pranayama, Mudra dan Bandha. Surabaya: Paramitha.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sivananda, Sri Swami. 2008. Konsentrasi Dan Meditasi Uraian Tentang Energi Yang Terdapat Dalam Diri Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Surabaya: Paramita.

Sivananda,Swami Sri, 2009. Konsentrasi dan Meditasi. Surabaya: Paramitha.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Somvir. (2014). Mari Beryoga. Bali: India-fondation.

Sri, Anitah. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Persada.

Sugata,I Made (2018) yang berjudul “ Sinkretisasi Mistesisme Yoga di Perguruan Spritual Ambarashram Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar” (Disertasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)

Sugiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo Kartadinata (1996) Psikologi Anak Luar Biasa. Depdikbud

Surada, I Made. 2007. Kamus Bahasa Sanskerta. Surabaya : Paramita

Suryadiputra, R.Paryana. 1993. Alam Pikiran. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanti (2020) yang berjudul “Yoga Anak Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19” (Jurnal Denpasar)

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Widya Sena, I Gusti Made (2020) yang berjudul “ Ajaran Ananda Marga Yoga Pada Ashram di Bali : Perspektif Filsafat Yoga” (Disertasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)

Williams, Avis. J. 2018. The Physical Mind: A Practical Guide to Physic Development and Spritual Growth. London: Psyhic Mind Foundation.

Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.

Published
2023-06-30
How to Cite
Griyahananadi, I. B. (2023). Implikasi Media Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 7(1), 49-66. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i1.991