Implikasi Motivasi dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Abstract
Perkembangan pendidikan yang terus meningkat sesuai dengan perubahan zaman, menyebabkan para siswa mengalami stress dan depresi. Siswa mengalami stress dan depresi disebabkan karena kurikulum belajar yang terus mengalami perubahan dari kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) berubah menjadi kurikulum 2013 dan sekarang di tahun 2022 diterapkannya menjadi kurikulum merdeka belajar. Perubahan tersebut menekankan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa dengan lebih lebih menekankan kreativitas dan inovasi siswa. Menurut pendapat Gibson K (2004) menjelaskan bahwa psikolog dan ahli perkembangan anak mulai sependapat bahwa anak-anak pada saat ini telah kelebihan kegiatan. Kegiatan ekstrakurikuler yang banyak di jumpai di sekolah dapat meningkatkan bakat anak, namun tidak sedikit dari anak tersebut juga tidak mampu mencapai harapan tinggi dari aktivitas yang mereka jalani bahkan sebagian yang lain mengalami depresi. Stress akibat aktivitas di sekolah dapat dirasakan oleh siswa terutama mereka yang mengalami kesulitan belajar termasuk diantaranya kesulitan dalam berkonsentrasi
References
A.Black, James dan Dean Jean J. Champion. 2002, Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Terjemahan oleh E. Koswara dkk, Bandung: Reefika Aditama.
Aan Komariah dan Djam’an Satori.2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Asri Budiningsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran.: Reanika Cipta
Bear. G, Kortering.L,and Braziel.P 2006. “Similarities in Academic Achievement and Perceptions of Self and Teachers”. Proquest education journal pg.293
Berk, L. E. (2012). Development Through The Lifespan 1: Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bogdan dan Taylor, 1975 dalam J. Moleong, Lexy. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Briggs, Leslie, J., (1977). Intructional Design, Principle and Aplication. NewYork: Mc.Graw- Hill Book Company
Cahyo Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press.
Dang Syaras Ahmad (2016) yang berjudul “Komunikasi Instruksional Instruktur Di Lindz Yoga Studio Pekanbaru” (Jurnal Universitas Riau)
Fadilah,dkk. 2021. Pendidikan Karakter. Bojonegoro. CV. AGRAPANA MEDIA
Febriani, Fricilia, Syafdaningsih Syafar, and Rukiyah. 2019.“Pengembangan Permainan Pesan Berantai Untuk Konsentrasi Anak Di Kelompok A Tk Kartika Ii-1 Palembang.” Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD.
Gibson, K (2004) Reducing Stress Creating Harmony : Transformasi Ruang Fisik, Mental dan Emosional Anda. Terjemahan, Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer.
Gunarta (2017) yang berjudul “Implementasi Pembelajaran Yoga Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta” (Jurnal Denpasar)
Guru Mengajar Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam 11(1):15–22.
Hakim,T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Huda Miftahul, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Jan, Maddern. 2004. Yoga Memabakar Lemak. Batam: Interaksara
Kamajaya, Gede. 1993. Yoga Kundalini Cara Untuk Mencapai Siddhi dan Moksa. Surabaya: Paramita.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2001. Jakarta : Balai Pustaka
Kinasih, Arumsukma, 2010. “Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup”. UGM. (Jurnal Vol.18 Denpasar)
Koentjaraningrat.1999.Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: P.T Gramedia
Latifah, Khuzaimatul, and Zainal Habib. 2014. “Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan “
Leaner, J.W & Kline, W.F. 2006. Learning Disabilities and Related Disorders. Hougton Mifflin Company. New York
Marbun, BN. 2003. Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Marliany, Rosleny (2010), Psikologi Umum, Pustaka Setia, Bandung.
Muhammad, 2011.Metodologi Penelitian Bahasa.Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Nasution, S, 2000, Metode Penelitian Naturalistik Kwalitatif. Bandung : Tarsito.
Nugroho, W. (2007). Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka
Nuryana, Aryati. 2010. “Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak.” Indigenous, Ilmiah Berkala Psikologi VOl.12 No.:88–98.
Palguna, IBM Dharma. Leksikon Hindu. 2011. Lombok : Sadampatyaksara
Pasek ,I Ketut. 2006. Peranan Orangtua Dalam Membina Moral Remaja di Desa Pakraman Penglipuran kelurahan Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Denpasar : IHDN
Redana, I Made. 2006. Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal Riset. Depasar : IHDN
Sarasvati, 2002. Asana, Pranayama, Mudra, Bandha. Surabaya : Paramita.
Sarasvati, Swami Satyananda. 2002. Asana, Pranayama, Mudra dan Bandha. Surabaya: Paramitha.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sivananda, Sri Swami. 2008. Konsentrasi Dan Meditasi Uraian Tentang Energi Yang Terdapat Dalam Diri Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Surabaya: Paramita.
Sivananda,Swami Sri, 2009. Konsentrasi dan Meditasi. Surabaya: Paramitha.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Somvir. (2014). Mari Beryoga. Bali: India-fondation.
Sri, Anitah. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Persada.
Sugata,I Made (2018) yang berjudul “ Sinkretisasi Mistesisme Yoga di Perguruan Spritual Ambarashram Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar” (Disertasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Sugiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sunaryo Kartadinata (1996) Psikologi Anak Luar Biasa. Depdikbud
Surada, I Made. 2007. Kamus Bahasa Sanskerta. Surabaya : Paramita
Suryadiputra, R.Paryana. 1993. Alam Pikiran. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanti (2020) yang berjudul “Yoga Anak Salah Satu Upaya untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi Covid-19” (Jurnal Denpasar)
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Widya Sena, I Gusti Made (2020) yang berjudul “ Ajaran Ananda Marga Yoga Pada Ashram di Bali : Perspektif Filsafat Yoga” (Disertasi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar)
Williams, Avis. J. 2018. The Physical Mind: A Practical Guide to Physic Development and Spritual Growth. London: Psyhic Mind Foundation.
Yulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.