Kendala Dan Solusi Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis Kearifan Lokal Di SMA Negeri Se Kota Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini menggali bagaimana kendala dan solusi pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis kearifan lokal di SMA Negeri se-kota Palangka Raya. Agama Hindu dikenal kental terhadap ajaran, budaya dan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya, salah-satunya ajaran yang juga merupakan bagian dari Hindu di Kalimantan Tengah yaitu ajaran kearifan lokal Hindu Kaharingan. Pada SMA Negeri se-kota Palangka Raya banyak siswa yang masih menganut ajaran Hindu kaharingan sehingga dalam penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi yang pembelajaran kearifan lokal Hindu Kaharingan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya: Bagaimanakah kendala dan solusi yang dilakukan dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis kearifan lokal di SMA Negeri se-Kota Palangka Raya. Teori yang digunakan untuk menganalisis rumusan masalah adalah: 1). Teori Kendala, 3). Teori Behavioristik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif Kualitatif dengan lokasi di SMA Negeri 1 Palangka Raya, SMA Negeri 3 Palangka Raya, dan SMA Negeri 6 Palangka Raya. Sumber data penelitian yaitu sumber data Primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa para guru agama Hindu di SMA Negeri se-Kota Palangka Raya juga melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis kearifan lokal Hindu Kaharingan dalam proses pembelajaran dengan mengkolaborasikan, mengaitkan, menyatukan ajaran Hindu Kaharingan dengan Hindu secara umum. Meskipun di dalam penerapannya terdapat kendala yaitu kurangnya bahan ajar yang dapat menjadi pedoman untuk mendukung pembelajaran pendidikan agama Hindu berbasis kearifan lokal Hindu Kaharingan agar dapat pengetahuan dan pemahaman siswa lebih mendalam. Selain itu, kendala lain yang dirasakan oleh guru agama Hindu dan siswa agama Hindu di beberapa sekolah yaitu tidak mendapatkan ruang belajar khusus mata pelajaran agama Hindu yang layak dan nyaman karena guru dan peserta didik menganggap pembelajaran agama merupakan privasi dan membutuhkan ruang privat. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu para guru dan siswa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencari sumber maupun literatur lain yang ada di internet mengenai materi kearifan lokal Hindu Kaharingan. Kedua, para guru masih mengupayakan untuk mengusulkan ruang kelas khusus agama Hindu kepada pihak sekolah agar kiranya dapat dipertimbangkan.
Keywords: kendala , solusi, pembelajaran, kearifan lokal
References
Abdul, Majid. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teori Dan Praktis, Bandung: Inters Media.
Abdurrahman An-Nahlawi. 1989. Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam (Usul Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha. Herry Noer Ali (Penj.), Bandung: Diponegoro.
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Affandy, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 2(2), 201-225.
Akuntansi Bisnis, 9(2).
Agustus, M. Tutur Ritual Manenung Pada Masyarakat Dayak Hindu Kaharingan Palangka Raya: Analisis Wacana Kritis Van Dijk (Ritual Speech Manenung In The Dayak Hindu Kaharingan Palangka Raya: A Study Of Van Dijk Critical Discourse). Bahasa Sastra Dan, 191.
Amaliah, R. R., Fadhil, A., & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur'an, 10(2), 119-131.
Ambarnuari, M. (2019). Upacara Ngaben Warga Panyuwungan Di Desa Abianbase Kabupaten Gianyar. PANGKAJA: JURNAL AGAMA HINDU, 22(2), 23-33.
Andriyani, Fera. 2015. Teori Belajar Behavioristik Dan Pandangan Islam Tentang Behavioristik. Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam. Edisi 10 No. 2 Hal. 165-180. Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Madura/Index.Php/Syaikhuna/Article/View/1034
Astawa, I. N. S. (2018). "Pola Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Hindu." Satya Widya: Jurnal Studi Agama 1(1): 88-110. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/285985393.Pdf
Astawa, I. N. (2019). CATUR GURU DALAM PEMAKNAAN HARI SUCI SARASWATI PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN HINDU. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 8(2), 28-39. https://doi.org/10.33363/ba.v8i2.294
Astawa, I. N. (2019). Hari Suci Galungan: Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Hindu Dalam Meningkatkan Sradha dan Bhakti Umat Hindu. Tampung Penyang: Jurnal Agama Hindu, 7(2), 33-40.
Astawa, I. N. (2019). Nilai Pendidikan dan Ritual Dalam Lontar Bacakan Banten Pati Urip. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 7(12), 18-28.
Atmadja, N. B. (2010). "Dewatanisasi Insani: Pemaknaan Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Hindu”. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 43(1).Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JPP/Article/View/1702
Basrudin, B., Ratman, R., & Gagaramusu, Y. (2013). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN FatufiaKecamatan Bahodopi. Jurnal kreatif online, 1(1).
Buhol, Dkk, 2016, Panaturan, Sebagai Pedoman Hidup Umat Hindu Kaharingan, Palangka Raya. STAHN-TP
Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.
Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT. Remaja: Rosdakarya.
Etika, T. (2020). Problematika dan Afirmasi Identitas Agama Kaharingan Pasca Integrasi ke Dalam Hindu Dharma. Jurnal PENAMAS.
Halitopo, M. (2020, March). Implementasi Merdeka Belajar dalam Buku Teks Bahasa Inggris untuk SMK. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Hamdayama, Jumanta. 2017. Metodologi Pengajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek perilaku manusia sebagai makhluk individu dan sosial pada ruang terbuka publik. Nature: National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85-93.
Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing
Hendri, H. (2022). Upacara Pakanan Sahur Pada Umat Hindu Kaharingan. Tampung Penyang, 20(1), 62-75.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
J, Maleong. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran bahasa Arab melalui kolaborasi metode questioning dan media kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99-118.
King, Laura A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah Pengantar Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika
Koentjoroningrat, 2004, Manusia Dan Kebudayaan Di Indonesia, Jakarta: Djambatan.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniawan, B. (2017). Teori Kendala Sebagai Alat Pengukuran Kinerja. Jurnal Akuntansi Bisnis, 9(2).
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389-396.
Lestari, I. A. P. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Tumbu Karangasem. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(01), 58-66.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Mariatie, M. (2018). FILOSOFI MENDIRIKAN KERAMAT MENURUT AGAMA HINDU KAHARINGAN. Belom Bahadat, 8(1).
Megawati, M. (2020). Penggalian Nilai-nilai Pendidikan dalam Ritual Nahunan. Tampung Penyang, 18(02), 28-40.
Merliana, N. P. E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 37-53.
Mularsih, H., & Hartini, H. (2019). Pengelolaan Ruang Kelas Dalam Rangka Meningkatan Keefektifan Pembelajaran Di Pkbm Insan Cendikia. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).
Mulyasa, E. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung : Remaja Rosda Karya
Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.
Oemar, Hamalik, 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Paramita, E. L., Dwiatmaja, C., & Damayana, I. W. (2015). Penyusunan Model Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Kewirausahaan Desa Adat Di Bali. In Prosiding Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit & Awards (pp. 354-360).
Pranata, Dkk. 2009.Upacara Ritual Perkawinan Agama Hindu Kaharingan. Paramita: Surabaya
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34-38.
Pranata, P., & Sulandra, S. (2021). Kearifan Lokal Hindu Kaharingan (Pandangan Ketuhanan, Ritual, dan Etika). Dharma Duta, 19(01), 31-49.
Purwanto Dan Sulistyastuti, 1991. Analisis Kebijakan Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan, Jakarta, Bumi Aksara.
Pustikayasa, I., Sidi Astawa, I. N., & L.Sigai, E. R. (2021). Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di IAHN-TP Palangka Raya Perspektif Pendidikan Hindu. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 12(2), 42-59. https://doi.org/10.33363/ba.v12i2.712
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rahmawati, N. N. (2020). Kajian Filosofis Sandung dalam Ritual Kematian Umat Hindu Kaharingan di Desa Parit, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur.
Riwut, Nila. 2003. Maneser Panatau Tatu Hiang. Yogyakarta: Pusaka Lima
Sandiyasa, I. K., Tantra, D. K., & Puspa, I. A. T. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dengan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Karangasem. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(2), 87-97.
Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suartini, K. (2011). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Mahasiswa Dalam Membuat Kerangka Berpikir Pada Penyusunan Proposal Penelitian.
Sudyana, D. K., & Winantra, I. K. (2021). Strategi Dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis Kearifan Lokal. Widyanatya, 3(2), 92-102.
Sugiyarto, W. (2016). Eksistensi Agama Hindu Kaharingan di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Harmoni, 15(3), 102-116.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo dan Ukim Komarudin. 2010. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers
Suyono Dan Hariyanto, 2012. Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tatang. 2015. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia
Triwiyanto, Teguh. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari Masa ke Masa (Telaah Atas Pentahapan Kurikulum Pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 10(2), 231-242.
Widyana, I. K. (2018). Pendidikan Agama Hindu Berbasis Kearifan Lokal Kaharingan melalui Mata Kuliah Tawur di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 18(2), 101-113.