Pola Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Hindu
Abstract
Tujuan tulisan ini adalah untuk mengali dan memberikan deskripsi pola pendidikan yang telah diterapkan dalam pendidikan Hindu. Pola Pendidikan agama Hindu mengunakan ajaran dan konsep-konsep Hindu sebagai landasan dan inspirasi untuk mengembangkan pendidikan, baik dari visi, misi, tujuan, capaian pembelajaran (learning outcome), metode pengajaran, strategi pembelajaran serta metode evaluasi dalam pendidikan Hindu. Ajaran serta konsep-konsep pendidikan yang ideal sangat banyak dalam Hindu. Konsep-konsep pendidikan dalam Hindu sepatutnya yang dikembangkan oleh lembaga - lembaga pendidikan Hindu maupun guru-guru agama Hindu sehingga pendidikan agama Hindu benar - benar dapat mengwujudkan tujuan agama dan tujuan manusia dalam dunia ini.
Downloads
References
Altekar, A. S. (2009). Education in Ancient India. New Delhi: Isha Books.
Amala, P., Annie, P., Anupama, & Rao, D. B. (2004). History of Education. New delhi: Discovery Publishing House.
Atmaja, A. T., & Atmaja, N. B. (2008). Sertivikasi Guru: Memperkaya atau menyejahterakan? (Perspektif Semiotika Komunikasi). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 41(1).
Atmaja, N. B. (2010). Dewatanisasi Insani: Pemaknaan Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Hindu. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(7), 56–65.
Awanita, M. (2003). Agama Hindu:Modul Orientasi Pembekalan Calon PNS. Jakarta: Proyek Pembibitan Calon Tenaga Kependidikan Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Departemen Agama Republik Indonesia.
Berger, P. L. (1994). Langit Suci: Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta: LP3ES.
Chah, V. A. (1995). Meditasi: Jalan Menuju Kebebasan. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.
Dvivedi, B. L. (1994). Evolution of Educational Thought in India. New Delhi: Northen Book Centre.
Haryanto, S. (2012). Spektrum Teori Sosial: Dari Klasik Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaman, I. G. (2007). Tri Hita Karana dalam Konsep Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Jaman, I. G., Sunarsih, W., & Paranta, S. K. (t.t.). Membina Keluarga sejahtera (Grha Jagadhita). Surabaya: Paramita.
Jayapalan, N. (2005). History of Education in India. New Delhi: Nice Printing Press.
Jyoti, I. R. B. W. P. S. S. S. (2012). Reformasi Ritual: Mentradisikan Agama bukan Mengagamakan Tradisi. Denpasar: Pustaka Bali Pos.
Kajeng,dkk, I. N. (2003). Sarasamuscaya dengan Teks Bahasa Sanskerta dan Jawa Kuna. Surabaya: Paramita.
Kasturi, N. (1998). Pesan Pesan Upanisad. Surabaya: Paramita.
Keramas, D. M. T. (2008). Filsafat Ilmu. Surabaya: Paramita.
Lubis, A. Y. (2004). Filsafat Ilmu: Metodologi Posmodernis. Bogor: AkaDemia.
Machwe, P. (2000). Kontribusi Hindu Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Peradaban. Denpasar: Widya Dharma.
Mas’ud, A. (2002). Mengagas Format Pendidikan Nondikotomik (Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.
Mookerji, R. K. (2003). Ancient Indian Education:Brahmanical and Buddhist. New Delhi: Srhi Jainendra Press.
Narayana, B. S. (1999). Pancaran Kasih Tuhan (Prema Vahini). Surabaya: Paramita.
O’Sullivan, P. G. (1997). Vedic Education (Gurukula) In a contemporary context: Consideration for a Krisna Consious Thinking Curriculum. Melbourne: The University of Melbourne.
Pandit, B. (2001). The Hindu Main: Fundamentals of Hindu Religion and Philosophy. New Delhi: New Age Books.
Pendit, N. S. (2007). Filsafat Hindu Dharma Sad Darsana: Enam Aliran Astika (Ortodoks). Denpasar: Pustaka Bali Post.
Piliang, Y. A. (2008). Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra.
Poedjawijatna. (2004). Logika: Filsafat Berpikir. Jakarta: Rineka Cipta.
Prabupada, A. . B. S. (1983). Bhagawadgita menurut Aslinya: Jawaban Segala Pertanyaan. Jakarta: P.T. Pustaka Bhaktivedanta.
Prabupada, A. . B. S. (t.t.). Nitisastra: Ungkapan-Ungkapan dari Canakya dan Hitopadesa penjelasan dari Satsvarupa Dasa Gosvami Sesuai dengan yang dikutif oleh Srila Prabupada.
Pudja, G. (2003). Bhagawad Gita (Pancama Veda). Surabaya: Paramita.
Puniatmadja, I. B. O. (2002). Pancha Cradha. Jakarta: Yayasan Dharma Sarathi.
Ra, A. (2004). Hukum Karma. Surabaya: Paramita.
Rao, D. B., & Babu, E. S. (2004). Educational Interest of School Student. New Delhi: Discovery Publishing House.
Sadulloh, U. (2004). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Shukla, R. P. (2004). Value Education and Human Right. New Delhi: Sarup & Son.
Singh, Y. K., & Nath, R. (2007). History of Indian Education System. New Delhi: S.B Nangia.
Sivananda, S. S. (1984). Religious Education. Himalayas: The Divine Life Society.
Somvir. (2001). 108 Mutiara Veda: Untuk Kehidupan Sehari-Hari. Surabaya: Paramita.
Suhardana, K. (2006). Pengantar Etika dan Moralitas Hindu: Bahan Kajian untuk Memperbaiki Tingkah Laku. Surabaya: Paramita.
Suhardana, K. (2007). Catur Purusa Artha: Empat Tujuan Hindup umat Hindu. Surabaya: Paramita.
Suhardana, K. (2010). Catur Guru Bhakti: Bhakti Kepada Guru. Surabaya: Paramita.
Sukayasa, I. W. (2011). Kembali Ke Spirit Hindu Indonesia. Denpasar: UNHI Denpasar.
Sukhabodhananda, S. (2006). Karma Yoga: The Inner Alchemy of Action. Bangalore: Prasanna Trust.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara.
Titib, I. M. (1996). Veda Sabda Suci : Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya: Paramita.
Titib, I. M. (2004). Purana: Sumber Ajaran Hindu komprehensip. Surabaya: Paramita.
Tutik, T. T., & Trianto. (2008). Dimensi Transendental dan Transformasi Sosial Budaya. Jakarta: Lintas Pustaka.
Wardana, I. K., & Relin. (2004). Buku Ajar Pengantar Filsafat. Jakarta: Dirjen Bimas Hindu dan Buddha.
Copyright (c) 2018 I Nyoman Sidi Astawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.