Implementation of Scientific Learning Management at the Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

  • I Putu Widianto Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya

Abstract

This study is to describe the implementation of learning management in subjects that use scientific learning at the IAHN-TP Palangka Raya. This research approach uses a qualitative approach using descriptive design. The research was conducted in Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya Indonesia. The researcher collected various information by structured interviews and disguised observations. Analysis of interview data with an interactive model analysis model from Miles and Huberman and analysis of data from observations carried out by the checklist method. The results showed the stages of scientific learning management consisted of stages of learning planning, implementation of learning and supervision of learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Rafika Aditama.
Agensyah, A., Darwanis, & Syahputra., M. (2017). Pengaruh efektivitas pengawasan, frekuensi pemeriksaan dan tindak lanjut temuan inspektorat terhadap kinerja satuan kerja pemerintah Aceh pada provinsi Aceh. Jurnal akuntasi pascasarjana universitas Syiah Kuala, 6(1), 1–10.
Andayani. (2015). Problema dan aksioma: dalam metodologi pembelajaran bahasa indonesia. Yogyakarta: publisher.
Asmarawati, E., Riyadi, & Sujadi, I. (2016). Proses integrasi sikap sosial dan spiritual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP negeri di kecamatan Purwodadi. Jurnal elektronik pembelajaran matematika, 4(1), 58–69.
Atsnan, M. F., & Gazali, R. Y. (2013). Penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII materi bilangan ( pecahan ). In proseding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika fmipa UNY (pp. 978–979). Yogyakarta.
Awaludin, Mallo, B., & Lefrida, R. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII MTS putri aisyiyah palu. Aksioma jurnal pendidikan matematika, 5(3), 74–85.
Barlian, I. (2013). Begitu pentingkah strategi belajar mengajar bagi guru ? Ikbal barlian. Jurnal forum sosial, vi(1), 241–246.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: airlangga.
Glendoh, S. H. (2000). Fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan manajemen korporasi. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 2(1), 43–56.
Gora, Winastwan, & Sunarto. (2010). Pakematik strategi pembelajaran inovatif berbasis TIK. Jakarta: elex media komputindo.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi bloom – revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum : jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(2), 16–40.
Hadi, S. N., & Noor, A. J. (2013). Keefektifan kelompok belajar siswa berdasarkan sosiometri dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMP. Edu-mat jurnal pendidikan matematika, 1(1), 60–67.
Hamalik, O. (1995). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: bumi aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: gahlia indonesia.
Husman, H. (2008). Manajemen: teori praktik & riset pendidikan, edisi kedua. Jakarta: bumi aksara.
Ikhwan, A. (2016). Manajemen perencanaan pendidikan islam. Edukasi, 4(1), 128–155.
Isnaniah. (2017). Peningkatkan kreativitas dan kemandirian belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan media pembelajaran matematika. Suska journal of mathematics education, 3(2), 83–91.
Kartiani, B. S. (2015). Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas V kabupaten Lombok barat NTB. Jurnal pendidikan dasar, 6(2), 212–221.
Kartomo, A. I., & slameto. (2016). Evaluasi kinerja guru bersertifikasi. FKIP universitas kristen Satya Wacana, 3(2), 219–229.
Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran (implementasi kurikulum 2013). Bandung: yrama widya.
Kurniadin, D., & Machali, I. (2012). Manajemen pendidikan konsep & prinsip pengelolaan pendidikan. Jogjakarta: ar-ruzz media.
Lukum, A. (2015). Evaluasi program pembelajaran ipa smp menggunakan model countenance stake. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 19(1), 25–37.
Lutfiyanti, T. (2013). Penerapan bimbingan kelompok belajar untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 2 Tuban. Bk unesa, 4(1), 338–347.
Majid, A. (2005). Perencanaan pembelajaran : mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: remaja rosdakarya.
Manullang, M. (2014). Manajemen pembelajaran matematika. Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 21(2), 208–214.
Mukhtar, H., & iskandar. (2013). Orientasi baru supervisi pendidikan. Bandung: Referensi.
Mulyana, A., Adnan, H., Indriatmoko, Y., Priyono, A., & Moeliono, M. (2008). Belajar sambil mengajar : menghadapi perubahan sosial untuk pengelolaan sumber daya alam. Bogor: cifor.
Mulyono, & Yumari. (2017). Strategi monitoring & evaluasi pelaksanaan anggaran. Yogyakarta: deepublish.
Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim). Lentera, 14(2), 56–61.
Palupi, E. W., Yuwono, I., & Muksar, M. (2017). Pengembangan permainan kotak barisan yang digunakan pada kegiatan apersepsi materi barisan dan deret untuk meningkatkan motivasi siswa kelas x sma. Jurnal kajian pembelajaran matematika, 1(1), 10–16.
Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Jakarta: rineka cipta.
Purnomo, E., & Munadi, S. (2005). Evaluasi hasil belajar dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi di sekolah menengah kejuruan. Cakrawala pendidikan, 24(2), 259–272.
Puspitasari, H. (2017). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 1(2), 339–368.
Putra, N. (2015). Penilaian autentik mata pelajaran pendidikan agama. Jurnal al-fikrah, 3(2).
Rayuni, D. (2010). Manajemen pembelajaran di madrasah aliyah negeri (MAN) 3 Palembang. Ta’dib, xv(1).
Rukayah, & Ismanto, B. (2016). Evaluasi manajemen berbasis sekolah di sekolah dasar negeri kabupaten semarang. Kelola jurnal manajemen pendidikan UKSW, 3(2), 178–191.
Rusman. (2017). Belajar & pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana.
S, M., Usman, N., & Niswanto. (2017). Evektifitas pelaksanaan tugas pengawas dalam meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah dasar lingkungan uptd suku i disdikpora kota banda aceh. In prosiding seminar nasional pascasarjana (SNP) unsyiah (pp. 154–159). Banda aceh: unsyiah.
Sagala, S. (2011). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: alfabeta.
Saifudin. (2014). Pengelolaan pembelajaran teoritis dan praktis. Yogyakarta: deepublish.
Samiudin. (2016). Peran metode untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jurnal studi islam, 11(2), 94–97.
Sari, I. M. (2015). Penggunaan model listening team sebagai sarana meningkatkan kemampuan bertanya pada pembelajaran ipa siswa kelas x smk yp 17-2 madiun. Jurnal florea, 2(1), 23–28.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan saintifik dan penilaian autentik untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Al-asasiyya: journal of basic education, 1(2), 34–46.
Sidek, E. A. R., & Yunus, M. M. (2012). Students’ experiences on using blog as learning journals. Procedia - social and behavioral sciences, 67(november 2011), 135–143.
Soemohadiwidjojo, A. T. (2014). Mudah menyusun SOP. Jakarta: penebar plus.
Suardi, M. (2015). Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: deepublish.
Suhartati. (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada materi relasi dan fungsi di kelas x man 3 banda aceh. Jurnal peluang, 4(april).
Sulistyowati, N. W. (2016). Implementasi small group discussion dan collaborative learning untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi ikip pgri madiun. Assets : jurnal akuntansi dan pendidikan, 5(44), 173–190.
Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 41–51.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Promosi jurnal pendidikan ekonomi um metro, 3(1), 73–82.
Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi, 3(2), 183–193.
Sutrisno, & Suyadi. (2016). Desain kurikulum perguruan tinggi, mengacu KKNI. Bandung: pt remaja rosdakarya.
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional. Jakarta: esensi erlangga group.
Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian. Jakarta: rineka cipta.
Terry, G. R. (2012). Asas - asas manajemen edisi kedelapan. Terjemahan winardi. Bandung: pt alumni.
Tim dosen administrasi pendidikan UPI. (2012). Manajemen pendidikan. (riduwan, ed.). Bandung: alfabeta.
Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan untuk penilaian kinerja manajerial kepala sekolah. Cakrawala pendidikan, XXXIV(1), 67–77.
Widarsih, R., & Faraz, N. J. (2016). Evaluasi kinerja guru ips smp berdasarkan standar kompetensi guru di kabupaten kebumen. Harmoni sosial: jurnal pendidikan IPS, 3(2), 177–187.
Widiastuti, N. I., & Susanto, R. (2014). Kajian sistem monitoring dokumen akreditasi teknik informatika unikom. Majalah ilmiah unikom, 12(2), 195–202.
Widiawati, P. D., Nurani, A. S., & Patriasih, R. (2015). Penerapan pendekatan saintifik learning pada mata pelajaran pengolahan makanan kontinental di smkn 2 baleendah. Media pendidikan, gizi dan kuliner, 4(2), 39–48.
Widodo, J. (2007). Supervisi guru mata pelajaran ekonomi di indonesia : antara teori dan realita. Jurnal pendidikan ekonomi, 2(2), 291–313.
Widyanto, I. P., Slamet, A., & Prihatin, T. (2018). The Utilization of Whatsapp Application on Scientific-Based Learning Management in Higher Education Institutions. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) (Vol. 247, pp. 241–245). Atlantis Press.
Zuhri, M. N. C. (2013). Studi tentang efektivitas tadarus al-qur`an dalam pembinaan akhlak di smpn 8 yogyakarta. Cendekia, 11(1), 113–129.
Published
2019-06-25
How to Cite
Widianto, I. P. (2019). Implementation of Scientific Learning Management at the Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 2(1), 82-100. https://doi.org/10.33363/swjsa.v2i1.56