FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU MULTIKULTURAL
FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU MULTIKULTURAL
Abstract
Idealisme pembelajaran adalah upaya pemahaman dan memberdayakan atau membimbing mahasiswa agar memiliki sikap dan perilaku yang baik, jika pembelajaran justru melahirkan perilaku yang tidak baik serta melahirkan proses penindasan itu artinya dalam sistem pembelajaran tersebut mengandung persoalan- persoalan. Dimana keberhasilan sebuah pembelajaran sangat ditentukan dari kesungguhan seorang pendidik, peserta didik, dan institusi pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Selain itu, keberhasilan pembelajaran juga ditentukan oleh seberapa besar upaya yang dilakukan ketiga komponen itu dalam hal ini adalah pendidik, peserta didik, dan institusi pendidikan mengeliminir atau menyelesaikan problem pembelajaran yang menjadi faktor penghambat keberhasilan pembelajaran. Semakin sedikit faktor penghambat pembelajaran yang muncul selama proses pembelajaran, maka akan semakin besar peluang keberhasilan dalam pencapaian hasil pembelajaran.