Komunikasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

  • I Komang Mertayasa Institut Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya
Keywords: Komunikasi Pembelajaran, Daring, Covid-19

Abstract

Guru sebagai tenaga professional pada pembelajaran daring dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengkonunikasikan materi pembelajaran kepada siswa. Proses tersebut memiliki berbagai macam kendala sehingga guru perlu untuk memahami strategi dalam penyampaian materi sebagai bagian dari proses komunikasi pembelajaran. Proses komunikasi pembelajaran melibatkan antara pendidik dan peserta didik, komunikasi pembelajaran akan dapat berlangsung efektif apabila terdapat kesamaan persepsi antara orang yang terlibat dalam komunikasi. komunikasi pembelajaran yang komunikatif apabila peserta didik dan pendidik saling memahami tentang apa yang dikomunikasikan. Proses komunikasi pembelajaran pada masa pandemic covid-19 layaknya pembelajaran pada umumnya melibatkan beberapa kompenen penting yaitu Guru, Materi, Media/Metode/Strategi, Siswa, efek dan feedback. Bagian-bagian tersebut memiliki keterkaitan dan saling mendukung dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Proses dari bagian tersebut membentuk sebuah lingkaran yang sebagai sebuah proses yang tidak terputus. Guru memberikan materi hingga sampai proses evaluasi, akan kembali kepada guru sebagai bahan untuk melakukan rencana tindak lanjut untuk memperbaiki pembelajaran, demikian seterusnya hingga pencapaian tujuan pendidikan yang maksimal.  Dari keseluruhan bagian guru memiliki peran penting, sehingga keberhasilan pembelajaran tergantung pada kemampuan dan profesionalisme guru. Pencapaian hasil pembelajaran sangat tergantung pada kreativitas guru sebagai communicant dan kesiapan siswa sebagai penerima materi.

Published
2021-12-31
How to Cite
Mertayasa, I. (2021). Komunikasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Dharma Duta, 19(2). https://doi.org/10.33363/dd.v19i2.691