Pengaruh Media Massa dan Literasi Media Terhadap Komunikasi Sosialisasi Covid - 19 dari Pemerintah Indonesia
Abstract
Pada artikel ini akan membahas lebih jauh tentang bagaimana dan apa yang dapat menjadi solusi dari pandemi covid -19 pun juga masih sangat gamang untuk diketahui, dikarenakan kondisi dan fenomena yang terjadi sekarang ini yang walaupun sudah dapat terprediksi oleh para ahli, masih akan tetap sulit untuk dikendalikan. Sosialisasi atau pemberian informasi tentang covid – 19 merupakan salah satu hal yang sangat vital yang harus diketahui oleh pemerintah Indonesia, dikarenakan hal ini merupakan upaya pencegahan paling awal yang dapat dilakukan agar masyarakat Indonesia memahami bagaimana harusnya yang mereka dapat lakukan dalam hidup berdampingan dengan covid. Oleh karena itu, pemerintah membentuk juru bicara khusus dalam rangka menjalin relasi melalui komunikasi dengan masyarakat dalam penyampaian isu – isu covid - 19, hal ini juga menunjukkan pentingnya posisi langkah awal tersebut terhadap bagaimana implikasi covid – 19 bagi Indonesia kedepannya. Dalam hal ini, pemerintah tentunya membutuhkan media atau perantara antara pihak pemberi informasi yaitu pemerintah itu sendiri, terhadap pihak penerima informasi atau yang dalam hal ini adalah masyarakat. Disinilah media massa berperan dengan cukup besar terhadap proses relasi ini. Mengingat bagaimana media massa hingga sekarang merupakan salah satu sumber dalam mencari atau mendapatkan informasi bagi masyarakat. Namun, apakah pemanfaatan dan pemakaian dari media sudah baik? Terutama dalam bagaimana masyarakat yang dianggap sebagai “ goals “ atau tujuan dari proses komunikasi dalam penyampaian sosialisai tersebut, menerima dan memproses informasi atau pesan yang didapat melalui media yang ada atau yang biasa disebut sebagai literasi media.