Etika Seorang Siswa Menurut Kitab Manawa Dharmasastra
Abstract
Tujuan artikel ini untuk menelaah etika siswa menurut kitab hukum Hindu, Manawa Dharmaçastra. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Berdasarkan jenis data, penelitian ini adalahmpenelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan jenis analisis yang diterapkan adalah deskriptif interpretatif. Penelitian ini menggunakan teori Hermeneutika, dan Sumber data primer penelitian ini adalah Manawa Dharmaçastra. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa etika siswa menurut Manawa Dharmaçastra: Berbhakti kepada Tuhan dan Guru; Berpakain bersih dan mampu mengontrol indria; Hidup sederhana; Mengabdi kepada Guru; Menjaga sikap duduk dan tidak duduk di tempat Guru; Menyampaikan salam, bersikap hormat, dan memperkenalan diri; Menghormati perempuan; Mampu mengendalikan panca indria; Berbhakti kepada Tuhan, dan Orang Tua; Berpantang: judi, gosip, bohong, menyakiti, onani/masturbasi, introvert dan seks; Tidur lebih malam, bangun lebih pagi, makan lebih sedikit, dan berpakaian lebih sederhana dari Guru; Menjaga sikap duduk dan etika; Tidak menyebut nama guru tanpa gelar kehormatannya; Bersembahyang Setiap hari; dan Menghormati Guru, ayah, ibu dan kakak
References
Agus Gunada, I. W. (2020). Ajaran Agama Hindu Dalam Geguritan Candrabherawa Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2). https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.434
Altekar, A. S. (2009). Education in Ancient India. Isha Books. .
Andrijanić, I. (2009). Vedāntic Commentaries on the Īśā-upanisad. Obnovljeni Život : Časopis Za Filozofiju i Religijske Znanosti, 64.(1).
Artayasa, I. W. (2020). Strategi Sekolah dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Dharmagita di SMK Kharisma, Mengwi, Badung. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 10(1). https://doi.org/10.25078/klgw.v10i1.1398
Bagus, L. (2000). Kamus Filsafat. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Budiarta, I. W. (2019). Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama Melalui Taksonomi Tri Kaya Parisudha dalam PKN (Studi Quasi Experiment Terhadap Peningkatan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa SMA Negeri Di Kota Singaraja). Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 36–53. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.10
Cohen, S. (2017). The īśā Upaniṣad. In The Upanisads: A Complete Guide. https://doi.org/10.4324/9781315758701
Eka Suadnyana, I. B. P., & Ariyasa Darmawan, I. P. (2020). Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Lontar Siwa Sasana. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.460
Ghaligi, S., Nagendra, H., & Bhatt, R. (2006). Effect of Vedic chanting on memory and sustained attention. Indian Journal of Traditional Knowledge (IJTK), 05(2).
Girinata, I. M. (2020). Building Hinduism Educational Values-Based School Culture. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 4(1). https://doi.org/10.25078/jpah.v4i1.1382
Hadi, P. H. (1994). Epsitemologi Filsafat Pengetahuan (Kenneth T. Gallagher). Kanisius.
Hustwit, J. R. (2019). Hans-Georg Gadamer (1900–2002). In Religion and European Philosophy. https://doi.org/10.4324/9781315642253-25
Indrayani, A. A. D., & Widiantana, I. K. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Satua Anak Agung Di Mesir. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.453
Jayapalan, N. (2005). History of Education in India. Nice Printing Press.
Joyo, P. R. (2018). Bhakti Marga: Jalan Menuju Tuhan Melalui Cinta Kasih. Dharma Duta, 16(1). https://doi.org/10.33363/dd.v16i1.151
Joyo, P. R. (2020a). Loka Samgraha: Hindu Philosophical Foundation of Social Behaviors in Indonesia New Normal Era. In K. A. P. Dewi P.F. (Ed.), New Normal: Idealism and Implementation in Indonesia and the Philippines (pp. 424–449). Jayapangus Press Books.
Joyo, P. R. (2020b). Nilai Nilai Pendidikan Hindu dalam Slokantara (I. N. Duija (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Joyo, P. R., & Murtiningsih, S. (2021). Relevansi Ontologi Brahman dan Ātman dalam Kitab Īṣāvasya Upaniṣad dengan Pluralitas Agama di Indonesia. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 7(01), 57–70. https://doi.org/10.18784/smart.v7i01.1228
Karuni, N. K., & Suardana, I. W. (2018). Wacana “Ajeg Bali” Pada Seni Kerajinan Sarana Upacara Di Gianyar Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.321
Keraf, A. S. (2002). Etika Lingkungan. Kompas.
Kori, J. (2017). Effect Of Chanting Omkara Mantra On Pulse Rate For Stress Reduction. International Journal of Advance Engineering and Research Development, 4(07). https://doi.org/10.21090/ijaerd.19352
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2). https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Maisyaa, I. B., & Masitoh, S. (2019). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2).
Manabe, N. (2019). Women’s March Colloquy - Chants of the Resistance: Flow, Memory, and Inclusivity. Music and Politics, 13(1). https://doi.org/10.3998/mp.9460447.0013.105
Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300
Nancy Naomi Aritonang, M. P. (2019). Gambaran Perilaku Percobaan Bunuh Diri Pada Remaja Putri Yang Broken Home Nancy. JURNAL STINDO PROFESIONAL, 5.
Nilawati, I. G. A. (2019). Pendidikan Etika Hindu Pada Teks Agastya Parwa Dalam Kehidupan Modern. WIDYANATYA, 1(1). https://doi.org/10.32795/widyanatya.v1i1.269
Palistini, N. L. A. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29086
Prabhupada, A. C. B. S. (2006). Bhagavad-gita Menurut Aslinya. Hanuman Sakti.
Pudja, G., & Sudharta, T. R. (2003). Manawa Dharmacastra (Manu Dharmacastra). CV. Nitra Kencana Buana.
Radhakrishnan, S. (1953). The Principal Upanisads. George Allen and Unwin LTD .
Rao, N. P., Deshpande, G., Gangadhar, K. B., Arasappa, R., Varambally, S., Venkatasubramanian, G., & Ganagadhar, B. N. (2018). Directional brain networks underlying OM chanting. Asian Journal of Psychiatry, 37. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2018.08.001
Ratna, N. K. (2009). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Scharfe, H. (2002). Education in Ancient India. Brill.
Singh, R., & Singh, S. K. (2018). Gayatri Mantra Chanting Helps Generate Higher Antimicrobial Activity of Yagya’s Smoke. Interdisciplinary Journal of Yagya Research, 1(1). https://doi.org/10.36018/ijyr.v1i1.6
Skorokhodov, T. G. (2016). Ethical monotheism versus Hindu polytheism: The interpretation of Isha Upanisad in the religious thought of Rammohan Raya. In Voprosy Filosofii (Issue 4).
Smith, F. M., Olivelle, P., & Roebuck, V. J. (2002). The Early Upanisads: Annotated Text and TranslationThe Upanisads. Journal of the American Oriental Society, 122(1). https://doi.org/10.2307/3087700
Suhardana, K. M. (2006). Pengantar Etika dan Moralitas Hindu. Paramita.
Surada, I. M. (2008). Kamus Sanskerta Indonesia. Paramita.
Suryanto. (2011). Transformasi Figur, Karakter, dan Peranan ācārya dalam Sastra Hindu India ke Dalam Dunia Wayang Kulit Purwa di Jawa.
Suwantana, I. G. (2019). Pembentukan Karakter Anak Dalam Sistem Pendidikan Hindu Kuno. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 8. https://doi.org/10.25078/aw.v2i2.959
Tafsir, A. (2009). Filsafat Ilmu (Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan). PT. Remaja Rosdakarya.
Titib, I. M. (1996). Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Paramita.
Titib, I. M. (2001). Filosofi Pendidikan Hindu Menurut Weda, Konsep dan Kemungkinan Implementasinya di Indonesia.
UU NO 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, 1 (2003).
Wessunawe, D. K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pada Pokok Bahasan Tri Murti Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 2(2). https://doi.org/10.36765/jrip.v2i2.239
Wulandari, I. A. G. (2020). Lontar Tutur Candrabherawa Perspektif Pendidikan Agama Hindu. JURNAL YOGA DAN KESEHATAN, 2(1). https://doi.org/10.25078/jyk.v2i1.1552
Wulandari, S. (2019). Perilaku Seksual Pranikah Berisiko Terhadap Kehamilan Tidak Diinginkan PadaRemaja SMKN Tandun Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Yasa, P. D. (2020). Ajaran Kelepasan Dalam Lontar Tutur Kumara Tattwa. JURNAL YOGA DAN KESEHATAN, 2(2). https://doi.org/10.25078/jyk.v2i2.1565