Studi Pustaka Terkait Pentingnya Implementasi Moderasi Beragama sebagai Bentuk Pendidikan Berkarakter

  • Ni Made Anggi Arlina Putri IAHN-TP Palangka Raya
Keywords: moderasi beragama, Pendidikan berkarakter, studi pustaka

Abstract

Saat ini, kehadiran globalisasi membawa dampak yang merugikan bagi masyarakat Indonesia. Karena mengakibatkan hilangnya karakter bangsa Indonesia, persoalan menjadi semakin pelik. Situasi ini dijelaskan oleh toleransi di antara orang-orang bangsa. Cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah sistem pendidikan menjadi sistem pendidikan yang didasarkan pada karakter yang berbeda dari tujuan Indonesia. Salah satu cara yang dapat digunakan guru tingkat tinggi untuk mengembangkan kepribadian karakter mahasiswa adalah dengan menggunakan moderasi berbasis luas. Artikel ini bertujuan untuk menelaah tentang implementasi moderasi beragama sebagai bentuk Pendidikan berkarakter. Penelitian ini berupaya mendapatkan konsep ideal terkait moderasi beragama sebagai bentuk Pendidikan berkarakater serta gambaran implementasinya. Library research  atau studi kepustakaan diadopsi sebagai metode penelitian dimana sumber data berasal dari literatur-literatur terkait selama lima tahun terakhir. Dari hasil analisis data, ditemukan bahwa kehadiran moderasi beragama tidak mengubah keyakinan seseorang terhadap ajaran agama yang dianutnya, melainkan menguatkan dan tetap bersikap toleran terhadap perbedaan yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, nilai-nilai karakter tersebut berupaya memperkuat sifat-sifat moderasi beragama, yaitu toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan menghormati tradisi yang sudah ada. Pengaplikasian moderasi beragama sebagai wujud pembentukan karakter dapat dilakukan dengan berbagai upaya seperti penguatan pemahaman agama, Pendidikan moral, pengembangan nilai-nilai toleransi, pengaplikasian Pancasila dan kearifan lokal bangsa, melalui Pendidikan Agama, dan kegiatan seminar anti Radikalisme.

Published
2023-06-30