Penerapan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Pendidikan Agama Hindu

  • Ni Putu Eka Merliana
Keywords: Gamifikasi, Pembelajaran berbasis Teknologi, Pendidikan Agama Hindu

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguraikan penerapan pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Fokus utama dari kajian ini adalah perilaku gamifikasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam memahami ajaran spritual, nilai-nilai serta etika agama Hindu. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif berbasis studi literatur dengan menganalisa berbagai sumber seperti buku, artikel, prosiding, jurnal baik itu nasional maupun internasional. Data dianalisa secara sistematik untuk mengidentifikasi hubungan yang relevan dengan fenomena yang diteliti. Hasil kajian ini menunjukan bahwa implementasi gamifikasi dapat dilakukan dengan mengintegrasikan elemen-elemen game ke dalam e-learning yang memuat materi yang berkaitan dengan pendidikan agama Hindu. Strategi ini menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik yang akan memberikan pengaruh terhadap keterlibatan, motivasi, kesenangan, kolaborasi serta keterampilan yang mana memberikan kontribusi terhadap hasil belajar yang diukur dengan tiga dimensi yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Kajian ini memberikan landasan teori dan strategi praktis untuk mengintegrasikan gamifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu.

Published
2024-12-31