Open Educational Resources Berbasis Google Sites Sebagai Penguatan Pendidikan Agama Hindu
Abstract
Pada era teknologi, pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan karakteristik pembelajar masa kini yang dapat mengakses pengetahuan dari berbagai sumber, termasuk internet. Salah satu sumber belajar daring yang signifikan adalah Open Educational Resources (OER), yaitu sumber belajar terbuka yang dapat diakses oleh siapa saja. Namun demikian, implementasi OER di institusi pendidikan belum merata, khususnya dalam pembelajaran agama Hindu di tingkat pendidikan dasar.
Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan pendidik sebagai media pembelajaran berbasis OER adalah Google Sites. Platform ini memungkinkan pendidik untuk menyajikan materi pembelajaran agama Hindu dalam bentuk pembelajaran interaktif dan menarik, seperti video pembelajaran dan evaluasi daring. Pemanfaatan Google Sites bertujuan untuk memperkuat pendidikan agama Hindu yang telah diajarkan di kelas, sekaligus menanamkan pemahaman keagamaan yang mendalam, guna membentuk karakter peserta didik yang berbudi luhur.
Namun, pengembangan konten pembelajaran melalui Google Sites memerlukan kompetensi teknis dan pedagogis yang memadai agar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar yang beragam. Oleh karena itu, pendidik perlu memahami prinsip-prinsip desain pembelajaran digital untuk mengoptimalkan penggunaan Google Sites sebagai sumber belajar terbuka yang efektif.