Perpustakaan sebagai Pusat Pengetahuan: Literature Review Konsep Belajar dalam Bhagavad Gita

  • I Gusti Ayu Ketut Yuni Masriastri Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya
Keywords: Perpustakaan, Pusat Pengetahuan, Bhagavad Gita

Abstract

Perpustakaan telah berevolusi dari sekadar tempat penyimpanan buku menjadi pusat pengetahuan yang dinamis, memainkan peran penting dalam pendidikan, informasi, penelitian dan pelestarian budaya. Bhagavad Gita yang merupakan teks suci agama Hindu menawarkan wawasan mendalam tentang konsep belajar, pengetahuan (jnana) dan kebijaksanaan melalui jalan karma yoga, jnana yoga dan bhakti yoga. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi persimpangan konseptual antara peran perpustakaan modern dan konsep belajar dalam Bhagavad Gita. Metode yang digunakan yaitu studi literatur dengan menganalisis artikel jurnal akademik dan buku. Penelitian ini mengidentifikasi antara fungsi perpustakaan dalam memfasilitasi akses informasi (sravanam) dan mendukung refleksi (manana) dengan tahapan awal jnana yoga. Penelitian ini juga menganalisis potensi perpustakaan untuk memperluas perannya dari penyedia pengetahuan duniawi (apara vidya) menjadi fasilitator kebijaksanaan dan pemahaman diri (para vidya) serta relevansi kerangka etika Bhagavad Gita (dharma dan nishkama karma) bagi praktik dan manajemen perpustakaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi kearifan Bhagavad Gita dapat memperkaya konsep perpustakaan sebagai pusat pengetahuan, menawarkan landasan filosofis untuk layanan yang lebih holistik dan transformatif.

References

Anggara, A. (2023). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Keagamaan Siswa Kelas 8 (SMP) Negeri 1 Dukupuntang [IAIN Syekh Nurjati Cirebon]. https://repository.syekhnurjati.ac.id/11328/2/1908101099_3_bab2.pdf

Bhattacharjee, G. (2021). A Study on Karmayoga in Bhagavad Gita. Quest Journals Journal of Research in Humanities and Social Science, 9(3), 2321–9467. https://www.questjournals.org/jrhss/papers/vol9-issue3/3/B09031019.pdf

Chatterjee, D. (2024). A Critical Analysis of the Psychological Concepts in the Bhagavad Gita. The International Journal of Indian Psychology, 12(2). https://doi.org/10.2139/ssrn.4815485

Corrall, S., & Jolly, L. (2019). Innovations in Learning and Teaching in Academic Libraries: Alignment, Collaboration, and the Social Turn. New Review of Academic Librarianship, 25(2–4), 113–128. https://doi.org/10.1080/13614533.2019.1697099

Endarti, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 23–28. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6990

Krishnamurthy, M. (2011). Philosophical and Theoretical Perspectives of Five Laws of Libraries and its Influence on the Library Profession: Issues and Challenges. Journal of the Korean Society for Library and Information Science, 45(4), 271–286. https://doi.org/10.4275/kslis.2011.45.4.271

Kumar, S. (2023). Implications of Bhagvad Gita on Library System in Digital Era: A Philosophical View. Library Philosophy and Practice (e-Journal). https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/7967/

Kumari, A. (2023). Innovative Library Services in University Library in Digital India Abstract. Library Philosophy and Practice (e-Journal). https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/7827/

Majithia, R. (2024). The Highest Good in the Nicomachean Ethics and the Bhagavad Gita. In The Highest Good in the Nicomachean Ethics and the Bhagavad Gita. Bloomsbury Academic. https://doi.org/10.5040/9781350215122

Mallik, D. A. (2024). Unveiling Ancient Wisdom: The Bhagavad Gita’s Influence on Modern Management and Leadership. RVIM Journal of Management Research, 16(1), 59–68. https://doi.org/10.70599/rvim/2024/330

Nurcahyo, A. D., Astuti, N. L. P. W., & Setyaningsih. (2024). Implementasi Kebiasaan Membaca Bhagavad Gita dalam Membangun Karakter Religius Siswa Hindu SMPN 3 Muncar. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 29(2), 115–129. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/287/

Saitya, I. B. S., & Suryana, A. (2022). Konsep Jñāna dalam Bhagavad Gītā. Sphatika: Jurnal Teologi, 13(2), 186–194. https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/Sphatika/article/view/2212/

Satpathy, B., & Muniapan, B. (2009). The Knowledge of “Self” from the Bhagavad-Gita and Its Significance for Human Capital Development. Asian Social Science, 4(10), 143–150. https://doi.org/10.5539/ass.v4n10p143

Shukla, S., & Dwivedi, P. K. (2024). A Study of Management Concepts from Ancient Indian Scriptures with special reference to Srimad Bhagawad Gita. Library Progress International, 44(3), 5273–5280. https://bpasjournals.com/library-science/index.php/journal/article/view/1446/

Sriasih, S. A. P., Yasa, I. N., Indriani, M. S., & Iragraha, S. M. F. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembacaan Bhagavad Gita pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Mutiara. Proceeding Senadimas Undiksha, 1994–2000. https://conference.undiksha.ac.id/senadimas/2022/prosiding/file/267.pdf

Triani, N. N., Subagiasta, I. K., & Suasta, I. W. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Media Bhagavad Gītā Khusus Guru di SDN Kecamatan Basarang. Hapakat (Jurnal Hasil Penelitian), 3(1), 60–75. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/hapakat/article/view/1336/

Published
2025-06-30