STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SMKN DAN SMAN 1 CEMPAGA HULU KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
Abstract
Status sosial ekonomi orangtua siswa agama Hindu di SMKN 1 Cempaga Hulu dan SMAN 1 Cempaga Hulu dapat dikatakan sebagian besar berstatus sosial ekonomi menengah kebawah dengan rata-rata pekerjaan orangtua siswa sebagai petani kemudian karyawan swasta, wirausaha dan perangkat desa, dalam mengikuti pembelajaran siswa agama Hindu di SMKN 1 Cempaga Hulu dan SMAN 1 Cempaga Hulu memiliki prestasi belajar yang sangat baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orangtua, sedangkan objeknya dalah status sosial ekonomi orangtua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada pendidikan agama Hindu di SMKN 1 Cempaga Hulu dan SMAN 1 Cempaga Hulu, Teknik pengumpulan data dengan metode kualitatif, diperoleh dari observasi, wawancara, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil yakni prestasi belajar siswa agama Hindu tidak dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orangtua, pertama prestasi belajar siswa pada pendidikan agama Hindu seperti internal prestasi belajar siswa, fisiologis siswa, motivasi, intelegensi dan akademik, eksternal prestasi belajar siswa, kondisi ruang kelas, sarana dan sumber belajar, kedua status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada pendidikan agama Hindu seperti pekerjaan orangtua, pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, hubugan status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar, dan ketiga minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Pada Pendidikan Agama Hindu seperti menumbuhkan minat belajar agama Hindu, manfaat belajar agama Hindu, hubungan minat dalam prestasi, strategi menumbuhkan minat belajar
Downloads
References
Djaali, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Fernando Reihard Tjiarata. 2017 Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap kinerja Karyawan PT. Sabar Ganda Manado, Jurnal EMBA Vol.5 No.2 juni
Fathurrohman, M dan Sulistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta
Hadari Nawami, 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Herdiansyah Haris. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Munanika
Mahmud, D. 1990. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPEE
M. Dimyati Mahmud. 1990. Psikologi Pendidikan. Depdikbud Jakarta
Moelong, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda
Santrock, John W 2009 Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Soekanto Soerjono. 2007.. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sukmadinata. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kusuma Karya.
Ulpah, Maria. 2013. Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistik dan Self- Efficacy Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran Kontekstual. (Tesis). Bandung: Program Pascasarjana UPI.
Walgito, B. 2010. Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Widjayati, Y. 2013. Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa. Mahasiswa Pendidikan IKIP Veteran Semarang: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 4 Nomor 2.
Wisik Agung, Nopianto, 2019. Hubungan Pekerjaan Dan Tingkat Pendidikan Orangtua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv SDN Gugus Kenanga Kabupaten Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Copyright (c) 2023 Veda Wiratama, I Nyoman Sidi, Ervantia Restulita.L Sigai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.