AJARAN AGAMA HINDU DALAM ERA DIGITAL: MENDORONG PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN TEKNOLOGI
Abstract
Era digital telah membawa transformasi mendalam dalam cara kita berkomunikasi, belajar, dan berinteraksi. Ini memengaruhi juga bagaimana agama dan nilai-nilai prososial dapat disampaikan dan dipahami oleh anak-anak usia dini. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam menyebarkan ajaran agama Hindu kepada anak-anak usia dini dan sejauh mana hal ini dapat mendorong perilaku prososial. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi terhadap kelompok anak usia dini yang mendapatkan ajaran agama Hindu melalui aplikasi dan platform digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memiliki potensi besar dalam membantu anak-anak usia dini memahami ajaran agama Hindu dan menginternalisasi nilai-nilai prososial yang terkandung didalamnya.Melalui aplikasi dan platform digital, anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Mereka dapat mengakses cerita, gambar, dan video yang memperjelas konsep-konsep agama Hindu. Selain itu, teknologi memungkinkan anak-anak untuk terlibat dalam aktivitas kolaboratif, seperti diskusi kelompok daring, yang mendorong mereka untuk berbagi pengalaman dan merenungkan nilai-nilai agama.Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan dan risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi dalam menyebarkan ajaran agama Hindu kepada anak-anak. Oleh karena itu, peran orang tua dan pendidik sangat penting dalam mengawasi dan membimbing anak-anak dalam penggunaan teknologi.Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran ajaran agama Hindu dan mendorong perilaku prososial pada anak usia dini. Namun, perlu ada pendekatan yang seimbang antara teknologi dan interaksi sosial dalam pendidikan agama Hindu untuk memastikan bahwa nilai-nilai agama dan prososial dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.
Downloads
References
An-Nabawi, M. M. (2022). Pengawasan ibu dalam menangani kecanduan. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 12(2), 98–112.
Andrea, B. A., Miguel, N. T., Frank, G. R., Ramiro, C., & Andrés, B. P. (2022). Visibility of Scientific Production and Digital Identity of Researchers through Digital Technologies. Education Sciences, 12(12). https://doi.org/10.3390/educsci12120926
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, S. A. (2022). A review of using digital game-based learning for preschoolers. In Journal of Computers in Education (Vol. 10, Issue 4). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/s40692-022-00240-0
Bozzola, E., Spina, G., Agostiniani, R., Barni, S., Russo, R., Scarpato, E., Di Mauro, A., Di Stefano, A. V., Caruso, C., Corsello, G., & Staiano, A. (2022). The Use of Social Media in Children and Adolescents: Scoping Review on the Potential Risks. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(16). https://doi.org/10.3390/ijerph19169960
Edwards, S., Straker, L., & Oakey, H. (2018). Statement on young children and digital technologies. In Australasian Journal of Early Childhood. http://dx.doi.org/10.23965/ECA.001
Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. Cambridge University Press.
Gani, S. A. (2016). Education in the 21th century: Responding to current issues parenting digital natives: Cognitive, emotional, and social developmental challenges. International Conference On Education, 870–880.
Gjelaj, M., Buza, K., Shatri, K., & Zabeli, N. (2020). Digital technologies in early childhood: Attitudes and practices of parents and teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13(1), 165–184. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13111a
Gottschalk, F. (2019). IMPACTS OF TECHNOLOGY USE ON CHILDREN: EXPLORING LITERATURE ON THE BRAIN, COGNITION AND WELL-BEING OECD Education Working Paper No. 195. Organisation for Economic Co-Operation and Development. www.oecd.org/edu/workingpapers
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hartaka, I. M., & Eka Suadnyana, I. B. P. (2018). Dharma Agama Dan Dharma Negara di Era Kekinian. Pariksa: Jurnal Hukum Agama Hindu, 2(1), 81–94. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/pariksa/article/view/652
Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2023). Chai’s Play, Aplikasi Parenting dan Permainan Milenial untuk Aktivitas Tumbuh Kembang Anak Usia Dini: Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 64–75.
Latra, I. W. (2017). MERUPAKAN NILAI-NILAI LUHUR DALAM ETOS KERJA.
Madja, I. K. (2019). Landasan Pengembangan Etika Dan Moralitas Hindu Bagi Pendidikan Karakter Peserta Didik. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 6(1), 54. https://doi.org/10.25078/gw.v6i1.865
Mardika, M. (2021). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SD Kelas V. In Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPAH
Mayangsari, D., Sari, evi dwi novita, & Munaila, N. (2017). Peningkatan Perilaku Prososial pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Outbound Fun Estafet. PG-PAUD Trunojoyo, 4, 115–132.
Mudana, I. N., & Dwaja, I. (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. In Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud (Vol. 53, Issue 9).
Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom: Theoretical and Practical Considerations. Digital Childhoods, 253–265.
Ponti, M., Bélanger, S., Grimes, R., Heard, J., Johnson, M., Moreau, E., Norris, M., Shaw, A., Stanwick, R., Van Lankveld, J., & Williams, R. (2017). Screen time and young children: Promoting health and development in a digital world. Paediatrics and Child Health (Canada), 22(8), 461–477. https://doi.org/10.1093/pch/pxx123
Pujiriyanto, Ismaniati, C., Budiningsih, C. A., Haryanto, & Suyantiningsih. (2022). Teknologi pendidikan masa depan.
Raharjo, S. H. (2022). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SD Kelas VI.
Saleam, J., & Moustafa, A. A. (2016). The influence of divine rewards and punishments on religious prosociality. Frontiers in Psychology, 7(AUG), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01149
Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Seprani, A. L. (2023). Pengembangan Mobile Learning Apllication Berbasis Android Tentang Perilaku Prososial Dalam Pencegahan Perundungan Pada …. http://repository.radenintan.ac.id/29165/
Stoilova, M., Livingstone, S., & Nandagiri, R. (2019). Children’s data and privacy online: Growing up in a digital age. Research findings. School of Economics and Political Science., January, 1–47.
Subrata, I. N. (2019). Ajaran Karmaphala Menurut Susastra Hindu. Jurnal Sanjiwani, 10(1), 53–62.
Sukadana, I. K. (2020). KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM LONTAR MARKANDYA PURANA. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 318–333.
Swider-Cios, E., Vermeij, A., & Sitskoorn, M. M. (2023). Young children and screen-based media: The impact on cognitive and socioemotional development and the importance of parental mediation. Cognitive Development, 66(February), 101319. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2023.101319
Tavassoli, N., Recchia, H., & Ross, H. (2019). Preschool Children’s Prosocial Responsiveness to Their Siblings’ Needs in Naturalistic Interactions: A Longitudinal Study. Early Education and Development, 30(6), 724–742. https://doi.org/10.1080/10409289.2019.1599095
Tussolehah, R. N. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SD NEGERI 1 WAY LIMA (Issue July).
Walker, G., Venker, & Weidenbenner, J. (2019). Social and Emotional Learning in the age of virtual play: technology, empathy, and learning. Journal of Research in Innovative Teaching and Learning, 12(2), 116–132. https://doi.org/10.1108/JRIT-03-2019-0046
Wiranata, A. . G. (2020). Etika Hindu Dalam Kehidupan. Widya Katambung, 11(1), 1–17. https://doi.org/10.33363/wk.v11i1.498
Copyright (c) 2023 Kadek Bayu Indrayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.