EFEKTIVITAS METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini didasari oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat terutama dalam mata Pelajaran pendidikan agama hindu di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat efektivitas metode Inside-Outside-Circle (IOC) dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan pree test post test group design. Kemampuan komunikasi diukur dengan tiga indikator yaitu Menyampaikan Pendapat, Berargumen, dan Mendengarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode IOC secara keseluruhan tergolong efektif, dengan nilai N-Gain total sebesar 77.15. Pada indikator menyampaikan pendapat, metode ini menghasilkan N-Gain sebesar 80.08 yang termasuk kategori efektif, sedangkan untuk mendengarkan mencapai N-Gain 77.78, juga dalam kategori efektif. Meskipun indikator berargumen menunjukkan peningkatan yang cukup baik dengan N-Gain 73.61, hal ini berada pada kategori cukup efektif, yang mengindikasikan perlunya pengembangan lebih lanjut. Secara keseluruhan, metode IOC dinilai berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, baik dalam menyampaikan pendapat, mendengarkan, maupun berargumen, dan dapat direkomendasikan sebagai metode yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar.
Downloads
References
Cifrian, E., Andres, A., Galan, B., & Viguri, J. R. (2020). Integration of different assessment approaches: application to a project-based learning engineering course. Education for Chemical Engineers. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1749772820300282
Dewi, N. L. P. (2020). Pengaruh Keterampilan Berbicara Terhadap Prestasi Akademik dan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(2), 23–29.
Dwimarta, A., Sakila, J., & Qusyairi, L. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan Media Ular Tangga Digital terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar. Innovations in Science Education and Practice, 1(1), 59–68.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. In Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA (Vol. 16, Issue 7). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22025883%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:ANALYZING+CHANGE/GAIN+SCORES#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Analyzing+change/gain+scores#0
Hidayat, R., & Priyanto, A. (2021). Efektivitas Metode Inside-Outside-Circle dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan, 112–120.
Ismiyati, R., Roziqin, R., & Ibad, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Responsivitas dan Kerjasama Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(1), 310–320.
Kurniawan, A., & Sutrisno, B. (2020). Inovasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(2), 45–53.
Madjid, R. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Si Juara Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunanetra Di MTSLB/A Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 305–314.
Maulida, I., & Kurniasih, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(1), 28–39.
Piaget, J. (1964). Development and Learning. Journal of Research in Science Teaching, 2(3), 176–186.
Prawiradilaga, D. S., & Siregar, E. (2019). Analisis Faktor-faktor Penghambat Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 201–210.
Putra, I. G. A. K., & Sudarsana, I. K. (2019). Implementasi Metode Inside-Outside-Circle dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(1), 52–61.
Sari, N. R., & Gunawan, A. (2019). Peran Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(4), 67–75.
Slavin, R. E. (2014). Educational Psychology: Theory and Practice (10th ed.). Pearson.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind In Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wardani, I. A., & Hartono, S. (2020). Penerapan Metode Inside-Outside-Circle dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 89–97.
Copyright (c) 2025 Mitro Mitro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.