Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Singaraja

  • Ni Luh Putu Tika Indriani Institut Mpu Kuturan Singaraja
  • Luh Purnamasuari Pranuwanti Institut Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Rai Vivien Pitriani
Keywords: efektivitas, CTL, hasil belaja, psikomotor, Pendidikan Agama Hindu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu bagi siswa kelas 1 di SMK Negeri 3 Singaraja, meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Latar belakang penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya inovasi dalam strategi pengajaran, yang mengakibatkan siswa pasif kurang termotivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Sampel dipilih secara acak dari 21 kelas sebelas, dengan kelas XI TSM 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TSM 1 sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (untuk aspek afektif dan psikomotorik), dokumentasi, serta pretest dan posttest (untuk aspek kognitif), yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesulitan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model CTL efektif. meningkatkan hasil pembelajaran secara komprehensif. Uji t Sampel Independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kelas eksperimental menunjukkan peningkatan tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga pada sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) melalui keterlibatan aktif dalam pembelajaran kontekstual.

Kata kunci: efektivitas, CTL, hasil belajar, psikomotorik, Pendidikan Hindu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riskayanti dkk (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 7 Denpasar. Upadhyaya: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 4(2), 143-151.
Published
2025-10-30
How to Cite
Indriani, N. L. P., Pranuwanti, L., & Pitriani, N. R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Singaraja. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 16(2), 81-90. https://doi.org/10.33363/ba.v16i2.1540