PENERAPAN STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CATUR PARAMITA DALAM MENINGKATKAN ETIKA DAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembentukan kepribadian peserta didik, khususnya pada jenjang sekolah dasar yang berada pada tahap awal perkembangan moral dan sosial. Dalam konteks pendidikan Hindu, ajaran Catur Paramita yang mencakup nilai-nilai Maitri (cinta kasih), Karuna (kasih sayang), Mudita (apresiasi atas kebahagiaan orang lain), dan Upeksa (sikap netral dan adil) menawarkan ajaran etika Hindu yang relevan untuk diterapkan dalam pendidikan karakter. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji strategi implementasi nilai-nilai Catur Paramita dalam proses pembelajaran, serta menganalisis dampaknya terhadap etika dan moral siswa sekolah dasar. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa guru berperan penting sebagai teladan dan fasilitator dalam menanamkan nilai-nilai luhur tersebut melalui pembelajaran di kelas, budaya sekolah, dan kegiatan berbasis karakter. Implementasi strategi ini tidak hanya menghasilkan pemahaman konseptual siswa terhadap nilai-nilai etika, tetapi juga mendorong perubahan perilaku sosial yang positif, seperti sikap empatik, toleran, jujur, dan bertanggungjawab. Evaluasi terhadap dampak penerapan nilai-nilai Catur Paramita menunjukkan bahwa internalisasi yang konsisten mampu memperkuat kesadaran moral siswa secara berkelanjutan. Meski terdapat tantangan dalam hal keterbatasan waktu dan dukungan lintas lingkungan, kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua dinilai krusial dalam membentuk ekosistem pendidikan karakter yang efektif. Dengan demikian, pendidikan karakter berbasis Catur Paramita layak dijadikan sebagai model strategis dalam membangun moralitas generasi muda yang beretika dan berkepribadian luhur..
Downloads
References
Ariantini, N. W., Sutriyanti, N. K., & Armini, I. A. (2021). Peranan guru agama Hindu dalam implementasi ajaran Catur Paramita terhadap penumbuhkembangan karakter siswa di SD Negeri 5 Batubulan Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Upadhyaya: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama, 2(2), 1–15.
Ariantini, N. W., Sutriyanti, N. K., & Armini, I. A. (2022). The role of transformation on Hindu teachers in character-based during the COVID 19 pandemic through Catur Paramita teachings (Case study in SD Negeri 5 Batubulan). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 6(2), 45–58.
Paramita, A. G. K. D., Dewi, I. M. R., & Rajendra, I. M. (2023). Ajaran Catur Paramita terhadap pola pendidikan karakter dalam lontar Siwa Sasana. Wicaksana: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, 7(1), 15–21. Winantra, I. K., Diana, K. D., & Sukanta, P. (2022). Ajaran Upeksa membentuk karakter siswa pasca pembelajaran daring, kelas V SD Negeri 5 Penatih Kecamatan Denpasar Timur T.A. 2021/2022. Widyanatya: Jurnal Pendidikan Agama dan Seni, 4(2), 30–40.
Parmilyasari, P. (2024). Integrasi Konsep Knowing, Doing, Caring dalam Pembelajaran Agama Hindu bagi Anak Usia Dini: Pendekatan Holistik. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 15(1), 12-24.
Sadiana, I. M., & Rahmawati, N. N. (2024). THE EXISTENCE OF LOCAL CULTURE IN EDUCATION CHARACTER IN THE ERA OF MODERNIZATION. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 15(2), 38-50.
Sudana, I. G. (2019). Evaluasi implementasi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Hindu di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Hindu, 4(1), 23–33.
Viranthi, L. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial materi keragaman budaya muatan IPS kelas IV. Mimbar Ilmu, 27(1), 53–62.
Wulandari, N. L., Widiartini, N. K., & Dewi, S. P. (2022). Desain dan verifikasi asesmen berbasis Catur Paramita dan employability skill. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 37–50.
Wulandari, N. L., & Wiratmaja, I. P. G. (2020). Penguatan nilai karakter melalui kegiatan budaya sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 389–398.
Yuliastini, L. P., & Wirata, I. N. (2022). Pengaruh pembelajaran karakter Hindu berbasis kontekstual terhadap sikap sosial siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 112–120.
Yuniasih, N. W., & Dantes, N. (2021). Manajemen pendidikan karakter dalam kurikulum tematik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 219–228.
Copyright (c) 2025 Dewa Gede Satria Wira Bawana, Ketut Citra Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





