NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM GEGURITAN AJI DIBIA CAKSU

  • I Ketut Sudarsana

Abstract

Geguritan Aji Dibia Caksu adalah salah satu karya sasrta Bali yang dipergunakan dalam mengiringi pelaksanaan upacara agama Hindu dan juga merupakan suatu karya sastra tradisional yang sampai sekarang eksistensinya masih amat memeasyarakat dalam kehidupan sosial budaya di Bali. Para ahli sastra Bali masih memandang geguritan ini memiliki keistimewaan, karena kehadirannya mengandung arti tersendiri di dalam pembentukan sikap mental masyarakat, serta terkandung Nilai-nilai pendidikan, estetika, moral dan konseptitual yang masih relevan dengan kehidupan masyarakat pada era globalisasi khususnya di Bali. Yang dimana sudah banyak sekali pengaruh pengaruh budaya luar masuk ke Pulau Bali, dan banyak sekali khususnya generasi-generasi muda saat ini yang terperosok kedalam pergaulan jaman sekarang atau kekinian dimana banyak seklai generasi muda Bali itu gengsi untuk mempelajari budayanya sendiri yang sebenarnya hampir punah, dimana menrut mereka ketinggalan jaman sekali dalam mempelajari budaya bali khususnya geguritan itu tersebut. Dimana yang paling signivikan sekali adalah dalam hal pendidikan dimana banyak sekali nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Geguritan Aji Dibia Caksu tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agastia, IBG. 1980. Geguritan Sebuah Bentuk Karya Sastra Bali, paper yang dibawakan pada Sarasehan Sastra Daerah Pesta Kesenian Bali ke-2.
Agastia, IBG. 1985. Jenis-jenis Naskah Bali dalam: Keadaan Tata Krama dan Seni Pertunjukan Jawa, Bali dan Sunda (Editor Soedarsono). Departemen Pedidikan dan Kebudayaan.
Gautma, W. B. 2007. KesusastraanBali. Surabaya: Paramita.
Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. 2017. Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223-236.
Husan, E. dkk. 1988. Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa
Ibrahim, ABD. S. 1987. Kesusastraan Indonesia. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2019-08-08
How to Cite
Sudarsana, I. K. (2019). NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM GEGURITAN AJI DIBIA CAKSU. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(1), 11-22. https://doi.org/10.33363/ba.v9i1.227