REVITALISASI PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENGATASI KRISIS MORAL

  • Ida Ayu Komang Suryatniani

Abstract

Revitalisasi dalam konteks pendidikan maksudnya adalah memaksimalkan semua unsur pendidikan yang dimiliki menjadi lebih vital atau terberdaya lagi, sehingga sasaran dan proses pendidikan yang dilakukan bisa dicapai dan dilangsungkan dengan maksimal pula.Kearifan lokal dari dua kata yaitu kearifan (wisdom), dan lokal (local). Secara umum maka local wisdom (kearifan setempat) dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (local) yang bersifat bijaksana. Ke­­­­­arifan lokal merupakan  pe­nge­tahuan atau pan­da­ngan hidup masyarakat  se­tem­pat  yang memiliki hu­bu­ngan dengan pemenuhan kebutuhan hidup  baik se­cara materi maupun sosial dimana kearifan lokal ini menjadi titik penghubungan dari generasi satu ke gene­rasi berikut karena  kearifan lokal merupakan konsep, ide dan gagasan  yang senan­tiasa di transisikan keapda generasi berikut  sehingga terbangun suatu keserasian  dalam menata hidup dan lingkungan.Kearifan local yang dimaksud yang didalamnya mengandung budaya local. Adapun kearifan budaya lokal ialah pengetahuan lokal yang sudah sedemikian menyatu dengan system kepercayaan, norma, dan budaya, serta  diekspresikan dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang lama. Inofasi dan kearifan local sering kali dianggap bertentangan. Kebudayaan lokal merupakan kebudayaan yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat adat. Namun yang terjadi pada pemuda sangat berbeda dengan apa yang kita pahami tentang kebudayaan lokal, bahkan kebudayaan itu sudah terkikis dan tergantikan oleh budaya asing yang sama sekali tidak kita pahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran nilai-karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Fajriati Nurul. 2015. Kearifan Local Indonesia. (Online) diakses tanggal 14 December 2017 di http://nurulfajriatiii.blogspot.co.id/2015/10/kearifan-lokal-pendidikan.html
Lickona.T. 1991. Educating for Character. New Yok: Bantams Books.
Lili & .Juniarthi. 2017. Pendidikan Agama Hindu dalam Perkembangan Budi Pekerti. Jurnal Bawi Ayah, Vol VIII, No. 15, 2017.
Republik Indonesia . 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa , Jakarta: Kemko Kesejahteran Rakyat.
Yaumi, Muhammad, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Trandisiplinaritas, [Online]. Diakses tanggal 14 Desember 2017, di: http://www.scribd.com/doc/25174556/Pendidikan-Budaya-dan-Karakter
Published
2019-08-08
How to Cite
Suryatniani, I. A. (2019). REVITALISASI PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENGATASI KRISIS MORAL. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(1), 38-48. https://doi.org/10.33363/ba.v9i1.229