PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA HINDU

  • I Gede Dharman Gunawan

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi internet telah merambah berbagai disiplin ilmu. Dengan berkembangnya teknologi internet, dunia pendidikan pun makin ramah dengan situs jejaring media sosial facebook, blogger, instagram, hingga twitter. Situs jejaring media sosial tidak hanya digunakan untuk berinteraksi dengan sesama teman. Ada yang memanfaatkannya sebagai media menyampaikan informasi, untuk mempromosikan produk, bahkan hanya sekedar untuk mencurahkan isi hati pengguna, tentunya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang inovatif. Berkaitan dengan permasalahan saat ini mengenai pemanfaatan media sosial yang tidak terkontrol, sehingga perlunya pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pendidikan agama Hindu yang inovatif. Tentunya pemanfaatan media sosial dapat menumbuhkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Maka sangat penting pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pendidikan agama Hindu pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Burhan Bungin. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : Kencana.
Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta : Jalasutra.
Danim, Sudarwan. 2008. Media Komunikasi Pendidikan : Pelayanan Profesional Pembelajaran Dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Deddy Mulyana. 2011. Media dan Perubahan Sosial. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2011. Media Pembelajaran : Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.
Sadiman, Arief S. dkk. 2009. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.
Sukiman. 2012. Pengambangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagogia.
Uno, Hamzah. 2012. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
2019-08-09
How to Cite
Gunawan, I. G. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA HINDU. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 8(2), 16-27. https://doi.org/10.33363/ba.v8i2.293