CATUR GURU DALAM PEMAKNAAN HARI SUCI SARASWATI PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN HINDU
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dari aspek yang berbeda terhadap hari suci Saraswati yakni mengenai nilai-nilai pendidikan dan catur guru dalam hari suci Saraswati. Nilai-nilai pendidikan Hindu yang terdapat dalam hari suci Saraswati secara garis besarnya atau pokok-pokoknya sesuai dengan tri kerangka dasar agama Hindu. Dalam pemaknaan hari suci Saraswati terdapat pula ajaran agama Hindu tentang guru yang terdiri atas Tuhan (Swadyaya), Pemerintah (Wisesa), Guru di sekolah (Pengajian) dan Orang Tua (rupaka) yang disebut dengan istilah catur guru.
Downloads
References
Bhalla, Prem P. 2009. Hindu, Rites, Rituals, Customs and Traditions. New Delhi : Pustak Mahal.
Fadillah, Anisa. 2015. Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Hari Raya Saraswati di Bali. (Skripsi). Bandung : Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Komputer Indonesia.
Geertz. Cliford. 1997. Agama dan Kebudayaan. Yogyakarta : Kanisius.
Gyanshruti, Sannyasi and Sannyasi Srividyananda. 2006. Yajna : A Comprehensive Survey. New Delhi : Yoga Publication Trust.
Kinsley, David R. 1988. Hindu Goddesses. California : University of California Press
Mas, A.A.G. Raka. 2002. Menjadi Orang Tua yang Mulia dan Berguna. Surabaya : Paramita
Ngurah, I Gusti, I Gede Sura, I Gede Bajrayasa, Indra Sukarno, I Wayan Mitra Astawa, Sujailanto. 2006. Buku Pendidikan Agama Hindu untuk Perguruan Tinggi. Surabaya : Paramita.
Sivananda, Sri Svami. 2003. Intisari Ajaran Hindu. Surabaya : Paramita
Suhardana, K.M. 2010. Catur Guru Bhakti: Bhakti kepada Empat Guru. Surabaya : Paramita.
Titib, I Made. 1999. Pengantar Veda untuk Program D.II. Surabaya: Paramita.
Suarnada, IGM. 2015. Pemahaman Umat Hindu Tentang Hari Raya Saraswati di Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah. Widya Genitri Volume 7 (1), Desember 2015.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.