PERANAN GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF

  • - Mitro

Abstract

Dalam interaksi edukatif, guru tidak cukup hanya mengetahui bahan ilmu pengetahuan yang akan dijabarkan dan disajikan kepada siswa, tetapi juga harus mengetahui filosofis dan didaktisnya, sehingga mampu memberikan motivasi di dalam kegiatan belajar mengajar. Proses belajar mengajar, guru memegang peranan penting karena bertindak sebagai pengelola dan pelaksana interaksi belajar mengajar. Guru bertindak sebagai perencana, membimbing dan mengarahkan dalam memberi motivasi, agar terjadi proses interaksi yang memungkinkan terjadinya proses belajar dengan baik. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyaji pelajaran khususnya di depan kelas, guru tidak hanya dituntut menyusun perencanaan pengajaran dan mentransfer pengetahuan atau isi pelajaran yang disajikan kepada para siswanya, tetapi guru juga harus mentransfer kecakapan karsa dan kecakapan rasa yang terkandung dalam materi pelajaran yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahridjamarah, Saiful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi kedua, Balai Pustaka.
Kajeng, I Nyoman, dkk. 1997. Sarasamuccaya. Surabaya : Paramita.
Mantra, I Bagus. 2003. Bhagawadgita Alih bahasa dan Penjelasan, Proyek Peningkatan Koordinasi Terhadap Umat Hindu di Luar Daerah, Denpasar.
Majelis Besar Alim Ulama Kaharingan Indonesia. 1996. Panaturan, Palangka Raya.
Ngurah, I Gusti Made, 1989. Pedoman Guru Pendidikan Agama Hindu, Widya Dharma, Denpasar.
Pudja,G. 2003. Bhagawad-Gita (Pancama Weda). Jakarta : Pustaka Mitra.
Tim Penyusun. 1997. Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Hanuman Sakti.
Tim Penyusun. 1994. Penuntun Belajar Agama Hindu I. Bandung : Ganeca Exact.
Tim Penyusun. 2006. Buku Pelajaran Agama Hindu Untuk Kelas VII. Denpasar : Widyadharma.
Tim Penyusun. 2006. Buku Pelajaran Agama Hindu Untuk Kelas VIII. Denpasar : Widyadharma.
Tim Penyusun. 2006. Buku Pelajaran Agama Hindu Untuk Kelas IX. Denpasar : Widyadharma.
Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang : CV. Aneka Ilmu.
Titib, I Made. 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi pekerti pada Anak. Jakarta PHDI Pusat.
Winata Putra, H. Udin S, dkk. 2003. Pedoman Umum Pendidikan Budhi Pekerti Pada Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Ditjen Diknasmen.
Published
2019-08-09
How to Cite
Mitro, -. (2019). PERANAN GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 8(1), 1-21. https://doi.org/10.33363/ba.v8i1.298