PEMAHAMAN KONSEP TEOLOGI HINDU (PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU)

  • Ni Wayan Ramini Santika

Abstract

Dalam kehidupan beragama khususnya agama Hindu yang memiliki suatu Pemahaman Konsep Teologi Hindu yang bersumber daripada Kitab Suci Veda dan Kitab Suci Panaturan, karena kitab suci sebagai pedoman umat Hindu dalam memperkuat keimanan tentang pengetahuan Ketuhanan. Agama Hindu mengembangkan ajarannya sesuai dengan desa (tempat), kala (waktu/penentuan hari baik atau buruk) dan patra (keadaan sosial ekonomi, situasi dan kondisi). Selain itu, dalam pelaksanaan ajaran agama Hindu juga selalu berpegang pada Tiga Kerangka Dasar Agama Hindu yaitu Tattwa (filsafat), etika (tata susila) dan ritual (upacara). Ketiga kerangka ini merupakan sebagai dasar bagi setiapĀ  umat Hindu dalam usahanya untuk mencapai ketenangan dan ketentraman dalam keyakinanya. Aspek tattwa atau filsafat agama merupakan inti ajaran Agama Hindu, sedangkan aspek susila atau etika merupakan pelaksanaan ajaran agama dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Aspek upacara atau ritual agama merupakan yadnya, persembahan atau pengorbanan suci yang tulus ikhlas kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ketiga aspek tersebut merupakan suatu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Karena itu ketiga kerangka dasar agama tersebut harus dipahami, mengingat ketiganya saling berkaitan. Memahami atau tidak memahami salah satu aspek, dapat mengakibatkan pemahaman terhadap Agama Hindu menjadi tidak lengkap dan bahkan bisa mengaburkan atau memberiĀ  pengertian yang keliru terhadap Agama Hindu.. Pendidikan Agama Hindu diberikan pada peserta didik diharapkan agar menjadi orang yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan Pendidikan Agama Hindu dapat menjalankan dan mengamalkan ajaran Agama Hindu sehingga terbentuknya budi pekerti yang luhur dan berakhlak yang mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donder, I Ketut. 2006. Brahmavidya Teologi Kasih Semesta. Surabaya : Paramita.
Kajeng dkk, I Nyoman. 1999. Sarasamuccaya. Surabaya : Paramita.
MBAHK. 2009. Panaturan. Palangkaraya.
Pudja. 1999. Theologi Hindu (Brahma Widya). Surabaya : Paramita.
. 1999. Bhagawad Gita (Pancama Veda). Surabaya : Paramita.
Suhardana, K.M. 2006. Pengantar Etika dan Moralitas Hindu, Bahan Kajian Untuk Memperbaiki Tingkah Laku. Surabaya : Paramita.
Tim Penyusun. 2007. Pendidikan Agama Hindu di Perguruan Tinggi, Surabaya : Paramita.
Titib, I Made. 2003. Teologi dan Simbol-Simbol dalam Agama Hindu, Surabaya : Paramita.
. 2003. Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya : Paramita.
Watra, I Wayan. 2007. Pengantar Filsafat Hindu (Tattwa I). Penertbit Paramita. Surabaya
Wijayananda, Ida Pandita Mpu Jaya. 2004. Makna Filosofis Upacara dan Upakara dalam Kehidupan. Surabaya : Paramita.
Published
2019-08-09
How to Cite
Santika, N. W. (2019). PEMAHAMAN KONSEP TEOLOGI HINDU (PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU). Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 8(1), 87-97. https://doi.org/10.33363/ba.v8i1.303