ESENSI TRI HITA KARANA PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU

Abstract

Tri Hita Karana merupakan konsep dasar yang mengharapkan manusia untuk menjaga hubungan diantara ketiga unsur sehingga dapat mencapai kebahagiaan. Ketiga unsur tersebut yaitu antara manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Parhyangan), antara manusia dengan sesamanya (Pawongan), antara manusia dengan lingkungannya (Palemehan). Kecenderungan manusia dewasa ini hanya mengejar materi dan itu dimaksudkan untuk dapat memenuhi kebahagiaan di dunia, sehingga hakekat dari kehidupan yang sejati sudah mulai tersingkirkan oleh ego untuk pemenuhan hal yang bersifat maya. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang komprehensif mengenai hakekat penyebab kebahagiaan dan kedamaian dengan terus belajar dalam mengembangkan hal-hal yang mampu mengantarkan pada kebahagiaan dan kedamaian. Bahagia atau tidaknya seseorang tergantung dari pikiran dalam menyikapi segala sesuatu yang terjadi baik jasmani maupun rohani. Oleh karena itu Pikiran hendaknya selalu diarahkan dan dilatih serta dikontrol agar selalu berpikir yang baik. Beberapa esensi Tri Hita Karana sebagai aspek pembelajaran pendidikan agama hindu yaitu Esensi spiritual (Parhyangan) yaitu untuk selalu tulus ikhlas serta bersyukur atas apapun yang dialami; Esensi sosial (Pawongan) yaitu memupuk rasa cinta kasih dalam kehidupan masyarakat; Esensi Alam Lingkungan (Palemahan) yaitu menjaga lingkungan sekitar sehingga memberi manfaat bagi kehidupan mahluk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aesijah, Siti. Dkk. 2016. Pengaruh Pelatihan Regulasi Emosi Terhadap Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan Yatim Piatu. Jurnal Indigenous Vol. 1, No. 1.
Diponegoro, Ahmad Muhammad. 2015. Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kebahagiaan pada Lanjut Usia Suku Jawa di Klaten. Jurnal Psikopedagogia. Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 4, No.1.
Fuad, Muskinul. 2015. Psikologi kebahagiaan manusia. Jurnal komunika, Vol. 9, No. 1.
Gunawan, Ketut 2011. Peran Falsafah Tri Hita Karana Bagi Pertumbuhan Dan Kinerja Lembaga Perkreditan Desa (Lpd) Di Bali. Jurnal Analisis Manajemen Vol. 5 No. 2
https://bhagavadgita.or.id/percakapan-3/)
https://kbbi.web.id
I Komang Mertayasa, 2019. Hoax Dalam Perspektif Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama. Volume 2 Nomor 1.
Kajeng, I nyoman, Dkk. 2010. Sarasamuccaya. Paramita: Surabaya
Kholidah, Enik Nur. 2012. Berpikir Positif untuk Menurunkan Stres Psikologis. Jurnal Psikologi Volume 39, No. 1.
Maharani, Deviana. 2015. Tingkat Kebahagiaan (Happiness) Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Maswinara, I Wayan. 2008. Bhagavad gita. Paramita: Surabaya
Munidewi, Ida Ayu Budhananda. 2017. Akuntabilitas Dalam Perspektif Ajaran Karma Phala Sebagai Pedoman Untuk Membangun Karakter Auditor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 12, No. 1.
Paramita, I Gusti Agung. 2018. Bencana, agama dan kearifan lokal. Dharmasmrti Nomor 18 Vol. I.
Patnani, Miwa. 2012. Kebahagiaan Pada Perempuan, Jurnal Psikogenesis. Vol. 1, No. 1.
Puspa, Ida Ayu Tary. 2012. Aktualisasi Ajaran Tri Parartha dalam Kehidupan.
http://majalahhinduraditya.blogspot.com/2012/09/aktualisasi-ajaran-tri-parartha-dalam.html
Raudatussalamah dan Riska Ade Irma. 2018. Hubungan Berpikir Positif dengan Kebahagiaan pada Penderita Kanker Payudara. Jurnal Psikologi, Volume 14 Nomor 2.
Sunirmalananda, Swami. 2016. Meraih Kebahagiaan yang Lebih Tinggi. l Majalah Raditya Edisi 223 - Februari 2016.
http://phdi.or.id/artikel/meraih-kebahagiaan-yang-lebih-tinggi
Suyatra, I Putu. 2018. KBS-Ace: Wujudkan Kesejahteraan dengan “Nangun Sad Kertih Loka Bali”.
https://baliexpress.jawapos.com/read/2018/01/28/44303/kbs-ace-wujudkan-kesejahteraan-dengan-nangun-sad-kertih-loka-bali.
Wardana, Wisnu Dan Sudira, Putu. Tt. Penerapan Tri Hita Karana Dalamm Perancangan, Pembangunan Serta Operasi Dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Subak. Jurnal Agritech. Vol 19, No 2.
Wirawan, I Gusti Ngurah. https://download.isi-dps.ac.id › index.php ›
Yulianti, Alma dan Harmaini. 2014. Peristiwa-Peristiwa Yang Membuat Bahagia. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Juni 2014, Vol. 1, No.2.
Published
2019-10-31
How to Cite
Lilik, L., & Mertayasa, I. (2019). ESENSI TRI HITA KARANA PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA HINDU. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 60-80. https://doi.org/10.33363/ba.v10i2.373