AGNIHOTRA : VEDIC RITUAL YANG MULTIFUNGSI

  • Ayu Veronika Somawati
  • Ni Made Yunitha Asri Diantary STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Abstract

Agama Hindu merupakan salah satu agama besar yang diakui diseluruh dunia dan merupakan agama tertua yang berdiri di atas pondasi Tri Kerangka Dasar Agama Hindu, yakni Tattva atau filsafat agama Hindu, Susila atau etika agama Hindu, dan Upacara atau ritual agama Hindu. Tri Kerangka Dasar Agama Hindu ini diibaratkan seperti sebutir telur, dimana kuning telurnya merupakan tattva, putih telurnya adalah susila serta kulit telurnya diibaratkan sebagai upacara. Upacara atau ritual inilah merupakan bagian dari Tri Kerangka Dasar agama Hindu yang dapat dengan mudah dilihat dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam ritual agama Hindu dilaksanakan oleh umat, salah satunya adalah upacara agnihotra. Agnihotra adalah upacara persembahan kepada Deva Agni yang  kerap disebut dengan istilah Vedic ritual atau juga disebut Vedic Fire Ceremony. Meskipun istilah agnihotra terdengar asing ditelinga umat Hindu, namun pada dasarnya simbolisasi dari anihotra ada dalam setiap ritual keagamaan di Bali yakni dalam bentuk pasepan. Upacara agnihotra  sendiri memiliki beberapa fungsi yang berkaitan juga dengan fungsi api itu sendiri sebagai bagian terpenting dari upacara agnihotra. Adapun fungsi dari upacara Agnihotra antara lain : agnihotra sebagai inti yajna, agnihotra sebagai perantara pemuja dengan yang dipuja, agnihotra sebagai penyucian, agnihotra sebagai penerangan, agnihotra sebagai sumber energi, agnihotra sebagai sarana peningkatan spiritual serta agnihotra untuk keharmonisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asri, Luh. 2008. Tesis UpacaraAgnihotra pada Yayasan Bali Homayajna (Analisis Bentuk, Fungsi, dan Makna). Denpasar: IHDN Denpasar.
Donder, I Ketut. 2008. Agnihotra dan Efek Psiko-kosmos : Agnihotra (Agnihoma) dan Upaya Mewujudkan Harmonisasi Universal pada Seluruh Sistem Kosmos. Denpasar: IHDN Denpasar. (Makalah)
Jendra dan Titib. 1999. Agnihotra Raja UpacaraMultifungsi dan Efektif. Surabaya: Paramitha.
Maswinara, I Wayan, 1999. Ṛgveda Samhita. Surabaya: Paramitha.
Tim Penyusun. 2006. Sandhya dan Agnihotra Pedoman Praktis Pelaksanaan Agnihotra. Surabaya: Paramita.
Poerwadarmita, W.J.S, 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Suhardana, K.M. 2007. Memaknai Kesejagatan Agama Hindu. Denpasar : PT. Empat Warna Komunikasi.
Surpi Aryadharma, Ni Kadek. 2005. Melahirkan Generasi Berkarakter Dewata Kiat Sukses Siswa menurut Hindu. Denpasar: Pustaka Bali Post.
Tim Penyusun, 2002. Kamus Bahasa Indonesia. Edisi Tiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Titib, I Made. 1998. Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya: Paramitha.
Wiana, I Ketut. 2002. Makna UpacaraYajna dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramitha.
Wibawa, Made Aripta. 2007. Kedahsyatan Agnihotra Yajna Suci yang Terlupakan. Denpasar: Panakom.
Wibowo, Tedy. 2007. Inspirasi Sains Fisika Pelajaran IPA Terpadu untuk SMP. Jakarta: Ganeca Exact.
Published
2019-11-07
How to Cite
Somawati, A., & Diantary, N. (2019). AGNIHOTRA : VEDIC RITUAL YANG MULTIFUNGSI. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 81-99. https://doi.org/10.33363/ba.v10i2.388