PERAN DAN TANTANGAN ORANG TUA DALAM MENGAJARKAN TAT TWAM ASI PADA ANAK DI DESA LEMBAH MUKTI

  • Luh Renika Susilawati STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

Abstract

Ajaran agama yang didapat dalam lingkungan sekolah dan keluarga belum sepenuhnya dapat melahirkan karakter dan tingkah laku siswa yang baik karena lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak. Akan tetapi orang tua dalam lingkungan keluarga memegang peranan yang sangat penting agar anak dapat mengimplementasikan ajaran Tat Twam Asi. Oleh karena itu dibutuhan upaya yang maksimal agar orang tua memiliki waktu dalam mengarahkan dan membimbing anak. Peran yang telah dilakukan oleh orang tua di Desa Lembah Mukti sehingga anak-anak dapat menerapkan ajaran Tat Twam Asi yaitu Orang Tua Sebagai Pengasuh Dan Pendidik Anak, Orang Tua Suri Tauladan Dalam Keluarga, orang tua sebagai pembentuk Disiplin Anak. Tantangan yang di hadapi orang tua agar anak dapat menerapkan ajaran Tat Twam Asi adalah Minimnya waktu bercerita dengan anak, Pengaruh Lingkungan Sekitar, Dampak Negatif IPTEK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Donder, I. K. (2004). Sisya Sista (Pedoman Menjadi Siswa Mulia). Pustaka Bali Post.
Mertayasa, I. K. (n.d.). Tat Twam Asi : Landasan Moral Untuk Saling Asah , Asih Dan Asuh. In Beragama Dalam Damai (pp. 85–100). Jayapangus Press Books.
Pudja, G. dan Sudharta, T. R. (1995). Manawadharmasastra (Manu Dharmasastra) atau Weda Smerti Compedium Hukum Hindu. Hanuman Sakti.
Sudharta, T. R., & Atmaja, I. B. O. P. (2010). Upadesa Tentang Ajaran-Ajaran Agama Hindu. Paramita.
Suwasthi & Suastawa. (2008). Psikologi Agama Seimbangkan Pikiran, Jiwa dan Raga. Widya Dharma.
Tim. (2008). Membangun Keluarga Sejahtera (Sukhinah) Menurut Hindu. ISBN.
Wiana, I. K. (1997). Cara Belajar Agama Hindu Yang Baik. Yayasan Dharma Naradha.
Yoniartini, D. M. (2018). Pendidikan Anak Dalam Kandungan Sebagai Upaya Melahirkan Anak Yang Suputra di Pulau Lombok. Media Bina Ilmiah, 13(6), 1255–1266.
Published
2020-10-31
How to Cite
Susilawati, L. (2020). PERAN DAN TANTANGAN ORANG TUA DALAM MENGAJARKAN TAT TWAM ASI PADA ANAK DI DESA LEMBAH MUKTI. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 11(2), 88-105. https://doi.org/10.33363/ba.v11i2.554