KONSEP PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM TRADISI METATAH

  • Nyoman Sumarni

Abstract

Upacara potong gigi yang lebih dikenal dengan metatah secara tersirat memiliki nilai-nilai Pendidikan yang masih belum dapat dipahami secara menyeluruh oleh masyarakat, walau selama ini upacara tersebut oleh beberapa orang dimaknai sebagai pelunasan hutang semata, tanpa memahami nilai-nilai lain yang terkadung didalam pelaksanaan upacara tersebut. Tujuan upacara metatah adalah membersihkan kaletehan gigi, keangkara murkaan, keserakahan (Sad Ripu) dari seseorang dan sebagai simbolnya akan dipotong 6 buah gigi atas yaitu 4 buah gigi seri dan 2 buah gigi taring sebagai symbol pengendalian enam musuh dalam diri manusia yang disebut Sad Ripu. Upacara potong gigi atau metatah bisa di lakukan apabila anak tersebut telah menginjak dewasa, yang wanita ditandai dengan menstruasi dan yang laki-laki suaranya membesar. Konsep Pendidikan dalam pelaksanaan upacara metatah antara lain yaitu : 1). Pendidikan Spiritual; 2). Pendidikan Budaya; 3). Nilai etika; 4). Nilai Sosial Gotong Royong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cudamani. (n.d.). Arti Simbul Dalam Upacara Potong Gigi. Hanoman Sakti.
Krishna, A. (2018). Bhagavad-Gītā Transkreasi Baru untuk Zaman Baru. Pusat Studi Veda & Dharma Indonesia. https://bhagavadgita.or.id/#daftar_isi
Lilik, & Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 60–80.
Mertayasa, I. K. (2019). Yadnya Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter. Tampung Penyang, XVII(1), 30–49.
Mertayasa, I. K. (2020). Penggunaan Sawen Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Meko. Dhrma Duta: Jurnal Penerangan Agama Hindu, 18(1).
Pendit, I. N. S. (1994). Bhagavadgita. Hanuman Sakti.
Rastri, N. W. (1989). Aplikasi Yadnya Sebagai Sentrum Naimitika dan Nityakarma. Paramita.
Surayin, I. A. P. (2004). Manusia Yajna. Paramita.
Swastika, I. K. P. P. (2010). Mepadendes. CV. Kayu Mas Agung.
Titib, I. M. (1996). Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Paramita.
Triguna, I. B. G. Y. (2011). Mengapa Bali Unik. Pustaka Jurnal Kelaurga.
Wiana, I. K. (2001). Makna Upacara Yadnya Dalam Agama Hindu. Paramita.
Published
2021-04-12
How to Cite
Sumarni, N. (2021). KONSEP PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM TRADISI METATAH. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 12(1), 67-87. https://doi.org/10.33363/ba.v12i1.630